PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v8i2.20869Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 semester genap SMA Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015, dengan jumlah 22 siswa yang terdiri atas 9 laki-laki dan 13 perempuan. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data pada siklus I yaitu rata-rata hasil belajar 79,6 dan ketuntasan hasil belajar 63,63%. Hasil analisis data pada siklus II yaitu rata-rata hasil belajar 83,8 dan ketuntasan hasil belajar 86,36%. Bedasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan siklus I dan siklus II meningkat melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Picture and Picture pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2014/2015.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.