PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER

Penulis

  • Gede Agus Hendika Paramarta
  • Made Santo Gitakarma
  • Nyoman Santiyadnya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v8i2.20871

Abstrak

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Perakitan Komputer pada materi pokok konsep konfigurasi BIOS dan Troubleshooting di kelas X TKJ 1 SMK Negeri 3 Negara melalui model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan begitu juga dengan siklus yang ke II. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 3 Negara yang berjumlah 34 orang. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa  dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan metode tes yang berbentuk pilihan ganda (Multiple Choice). Tes hasil belajar siklus I dan siklus II sebanyak 20 butir soal. Berdasarkan analisis data mengenai hasil belajar pada mata pelajaran Perakitan Komputer pada siklus I didapatkan persentase rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 55.88%. Pada siklus II persentase rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 85,29%. Hasil tersebut menunjukkan terjadinya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 29,4%. Jadi, kesimpulan dari penelitian ini terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning).

Diterbitkan

2019-09-09