Pengembangan Media Video Pembelajaran AC Split

Penulis

  • Made Baskara Adi Paramarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Ratnaya
  • I Putu Suka Arsa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v9i2.23643

Abstrak

Penelitian ini bertujuan, 1) untuk membuat media video pembelajaran AC Split pada mata kuliah Teknik Pendingin di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, 2)  untuk mengetahui tingkat kelayakan media video pembelajaran AC Split pada mata kuliah teknik pendingin, 3) untuk mengetahui respons siswa terhadap media video pembelajaran AC Split pada mata kuliah teknik pendingin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau lebih dikenal dengan Research and Development. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner/angket untuk mendapatkan nilai dari uji ahli media, uji ahli materi/isi, dan respons dari peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) media bisa dibuat dengan tahapan-tahapan penelitian pengembangan. 2) hasil uji validasi ahli media memperoleh hasil persentase 78,75% termasuk kualifikasi layak. Hasil uji validasi ahli materi/isi memperoleh hasil persentase 94,2% termasuk kualifikasi sangat layak. 3) hasil uji coba kelompok kecil dengan 5 responden termasuk kategori sangat tinggi, dan hasil uji coba kelompok besar didapatkan 15 responden termasuk kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, media video pembelajaran AC Split dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah  teknik pendingin di program studi Pendidikan Teknik Elektro.

Kata Kunci: Pengembangan Media,  Video pembelajaran, AC Split, Teknik Pendingin.

Referensi

Arikunto. 1996. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asyhar, H. Rayandra. 2012. Kreatif Menegembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Azwar, Saifuddin. 2012. Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hariyanto. 2012. Pengertian Media Pembelajaran. Tersedia pada http://belajarpsikologi.com/ pengertian-media-pembelajaran/, diakses tanggal 5 Juli 2019.

Lasksani, P., Ratnaya, G., & Arsa, P. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Teknik Listrik Dan Elektronika Berbasis Lectora Inspire 17. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(2), 81-89.

Miarso. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Peraturan Pemerintah RI. 2005. Standar Pendidikan Nasional. Nomor 19. Jakarta: Depdikbud.

Rima, Ega. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Sudaryono, dkk. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suprapta, G., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Multimeter Berbasis Cd Interaktif Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(2), 62-70.

Unduhan

Diterbitkan

2020-08-02