Pengembangan Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Air

Penulis

  • Hasbi Hasyid Diqi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Ratnaya
  • Agus Adiarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v9i2.23645

Abstrak

Penelitian ini bertujuan membuat media pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Air yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran, untuk mengetahui kelayakan digunakan sebagai media pembelajaran dan mengetahui respons dari peserta didik pada mata kuliah Pembangkit Listrik di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro. Penelitian ini, termasuk jenis penelitian R & D (Research and Development). Penelitian menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data oleh ahli isi (materi), ahli media dan peserta didik. Dari hasil penelitian diperoleh: media bisa dibuat dengan tahapan-tahapan penelitian pengembangan layak digunakan hasil uji coba ahli isi diperoleh nilai persentase sebesar 90,00% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji coba ahli media diperoleh persentase sebesar 898,86% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji  kelompok kecil menggunakan 5 responden dan berada dalam klasifikasi sangat baik, hasil uji kelompok besar menggunakan 10 responden dan berada pada klasifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Air layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Pembangkit Listrik di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pembangkit Listrik Tenaga air, Pembangkit Listrik

Referensi

Arikunto. 1996. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asyhar, H. Rayandra. 2012. Kreatif Menegembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Hariyanto. 2012. Pengertian Media Pembelajaran. Tersedia pada http://belajarpsikologi.com/ pengertian-media-pembelajaran/, diakses tanggal 5 Juli 2019.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Krisnayudha, M. R., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Autoplay Dalam Materi Menerapkan Elektronika Dasar Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Di SMK Negeri 1 Tejakula. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(1), 23-30.

Miarso. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Rima, Ega. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Sudaryono, dkk. 2013. Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogjakarta: Graha Ilmu, Edisi 1.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2020-08-02