Pengembangan Trainer Counter Seven Segment Sebagai Media Pembelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika

Penulis

  • Muhammad Sinbad Asshobra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Ratnaya
  • Agus Adiarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v9i2.23647

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) membuat media pembelajaran Trainer Counter Seven Segment, 2) mengetahui kelayakan Trainer Counter Seven Segment pada pembelajaran mengenai materi Rangkaian Counter, 3) dan mengetahui respons peserta didik terhadap Trainer Counter Seven Segment. Penelitian ini, termasuk jenis penelitian R&D (Research and Development). Penelitian ini menggunakan analisa data persentase kelayakan untuk mengolah data kuesioner uji ahli isi dan uji ahli media, sedangkan untuk uji kelompok kecil dan uji kelompok besar menggunakan analisa data model Standar Skala Lima. Penelitian menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data oleh ahli isi (materi), ahli media dan peserta didik. Hasil penelitian ini adalah: 1) media bisa dibuat dengan tahapan-tahapan penelitian pengembangan, 2) hasil validasi ahli isi diperoleh persentase sebesar 92,00% dengan kualifikasi sangat layak, hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 98,86% dengan kualifikasi sangat layak, 3) hasil uji coba kelompok kecil diperoleh dari lima responden semua termasuk kategori sangat tinggi, hasil uji coba kelompok besar diperoleh dari dua puluh enam responden semua termasuk kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran Trainer Counter Seven Segment layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika di Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Singaraja.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Counter Seven Segment, Penerapan Rangkaian   Elektronika

Referensi

Arikunto. 1996. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Menegembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Azwar, Saifuddin. 2012. Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemp, J.E. dan Dayton, D.K. 1985. Planning dan Producing Instructional media (Fifth Edition). New York: Harper & Row, Publishers.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sanjaya, H., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pemasangan Instalasi Listrik Dan Video Tutorial Instalasi Listrik Dalam Mata Kuliah Dasar-Dasar Instalasi Di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(2), 48-54.

Setiadarma, G., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Penghantar Listrik Dilengkapi Objek Tiga Dimensi Pada Mata Kuliah Kabel Dan Teknik Pemasangannya Di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(1), 9-15.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka.

Sudaryono, dkk. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2020-08-02