IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER SMK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v8i3.23978Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievment Division) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran perakitan komputer pada siswa kelas X TKJ2 SMK Negeri 1 Bangli tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK), rancangan dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas X TKJ2 yang berjumlah 36 orang terdiri dari 20 orang siswa putra dan 16 orang siswi putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan target ketuntasan secara klasikal mencapai 80%. Berdasarkan data yang diperoleh pada PTK Siklus I siswa yang tuntas sebanyak 25 orang siswa (69,44 %) dalam kategori baik. Baik (B), dan 11 orang siswa (30,56 %) dalam kategori cukup. Cukup (C). Sedangkan pada Siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 31 orang siswa (86,11 %) secara klasikal dalam kategori baik. Baik (B), dan 5 orang siswa (33,33%) dalam kategori cukup (C). Perubahan dari siklus I ke Siklus II mencapai peningkatan 16,67 % secara klasikal.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.