Pengembangan Media Pembelajaran (Trainner) Kontrol Motor Listrik Pengasutan Bintang-Segitiga Dengan Programmable Logic Controller (PLC) Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v10i1.32071Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk, 1) membuat trainner kontrol motor listrik pengasutan bintang-segitiga dengan Programmable Logic Controller (PLC), 2) mengetahui kelayakan, 3) serta mengetahui respons peserta didik terhadap Media Pembelajaran (Trainner) Kontrol Motor Listrik Pengasutan Bintang-Segitiga dengan Programmable Logic Controller (PLC) pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik (IML). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan penyebaran angket atau kuesioner yang dinilai oleh ahli isi atau materi, ahli media, dan peserta didik. Hasil penelitian diperoleh: hasil uji validasi dari ahli media mendapatkan persentase 91,66% termasuk kualifikasi sangat layak, hasil uji validasi ahli isi atau materi mendapatkan persentase 94,00% termasuk kualifikasi sangat layak, hasil rentang skor uji coba kelompok kecil dengan 8 responden semuanya termasuk kategori sangat setuju, dan hasil rentang skor uji kelompok besar dengan 25 responden semuanya termasuk kategori sangat setuju. Berdasarkan hasil penelitian, Media Pembelajaran (Trainner) Kontrol Motor Listrik Pengasutan Bintang-Segitiga dengan Programmable Logic Controller (PLC) layak digunakan pada proses pembelajaran Instalasi Motor Listrik (IML).
Referensi
Asyhar, Rayanda. (2012). “Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran”. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.
Azwar, Saifuddin., (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rayandra Asyar, (2012). “Kreatif Mengembangkan Media Pembelajran”. Jakarta: Gaung Persada Press.
Rima, Ega. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Sugiyono. (2009). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D”, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan (R&D)”. Bandung: Alfabeta.
Suryatmo, F. (2002). Dasar – Dasar Teknik Listrik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Wiratama, W. M. P. DEVELOPMENT SUN'S ACTIVE TRACKING SYSTEM USING PID (PROPORTIONAL, INTEGRAL, DERIVATIVE) AND FLC (FUZZY LOGIC CONTROL).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.