Pengembangan Media Pembelajaran Simulasi Kontrol Motor Listrik Hidup Bergantian Menggunakan Programmable Logic Controller (PLC)

Penulis

  • made satria pandu sancaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Agus Adiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Ratnaya Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v10i1.32101

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran simulasi kontrol motor listrik hidup bergantian menggunakan Programmable Logic Controller (PLC) mengetahui kelayakan, serta mengetahui respons peserta didik terhadap Media Pembelajaran Simulasi Kontrol Motor Listrik Hidup Bergantian menggunakan Programmable Logic Controller (PLC) pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan penyebaran angket/kuesioner  yang dinilai oleh ahli isi/materi, ahli media, dan siswa kelas XII jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 3 Singaraja. Hasil penelitian diperoleh: hasil uji validasi dari ahli media mendapatkan persentase 90,00% termasuk kualifikasi sangat layak, hasil uji validasi ahli isi/materi mendapatkan persentase 94,00% termasuk kualifikasi sangat layak. Hasil uji coba kelompok kecil dengan 5 responden, 1 responden termasuk kategori netral dengan persentase 20%, dan 4 lainnya termasuk kategori sangat setuju dengan persentase 80%. Hasil uji kelompok besar dengan 20 responden, 19 responden termasuk kategori sangat setuju dengan persentase 95%, dan 1 responden termasuk kategori netral dengan persentase 5%. Berdasarkan hasil penelitian, Media Pembelajaran Simulasi Kontrol Motor Listrik Hidup Bergantian menggunakan Programmable Logic Controller (PLC) layak digunakan pada kegiatan praktikum Instalasi Motor Listrik.

Referensi

Arindya, Radita. (2013). “Penggunaan dan Pengaturan Motor Listrik”. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arsyad, Azhar. (2006). “Media Pembelajaran”. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2007). “Media Pembelajaran”. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Ashar. (2014). “Media Pembelajaran”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hasan, I. (2002). “Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian & Aplikasinya”. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2005). “Media Pengajaran”. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudaryo, dkk. (2013). “Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan”. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2009). “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D)”. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). “Metode Penelitian Pendidikan (Mix Methoods)”. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2019). “Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D)”. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.

Wiguna, Made Dhira Danu. (2020). “Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Pengendali Elektromagnetik Berbasis Smart Relay Pada Instalasi Motor Listrik”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Wiratama, W. M. P. (2019). Handout sebagai Perangkat Pembelajaran Praktis. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 42(2), 158-169.

Unduhan

Diterbitkan

2021-03-01