PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK PADA INSTALASI MOTOR LISTRIK DI JURUSAN TEKNIK LISTRIK SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Penulis

  • gede wijayoga nata renjaya
  • I Gede Ratnaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Suka Arsa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v10i1.32327

Abstrak

Penelitian ini bertujuan umtuk membuat Trainer Pengendali Elektromagnetik Pada Instalasi Motor Listrik Di Jurusan Teknik Listrik SMK Negeri 3 Singaraja mengetahuin kelayakan pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik (IML).Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Developmental research).Pengumpulan daftar dalam penelitian ini dilakukan dengan penyebaran angket atau koesioner yang di nilai oleh ahli isi atau materi, ahli media.hasil penelitian di peroleh: hasil uji validasi dari ahli media mendapatkan persentase 93,33% termasuk kualifikasi sangat layak, hasil uji validasi ahli isi atau ahli materi mendapatkan persentase 96,2% termasuk kualifikasi sangat layak.Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran Trainer Pengendali Elektromagnetik Pada Instalasi Motor Listrik di Jurusan Teknik Listrik SMK Negeri 3 Singaraja layak digunakan pada proses pembelajaran Instalasi Motor Listri (IML).

Referensi

Arindya, Radita. 2013. Penggunaan Dan Pengaturan Motor Listri. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Amin, M. Mustaghfirin, 2014, Instalasi Motor Listrik. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Azhar, Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darmadi, H. (2017). pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamikan belajar siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Dewa, Ketut Agus Alit Sanjaya. 2018.Pengembangan Trainer Panel Kontrol Motor Listrik Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Kelas XI TIPTL Di SMK Negeri 3 Singaraja. Fakulta Teknik Dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Dele, Edgar, (1969) Audio Visual Medoths in Teaching, New York: Rinehart and Winston Inc. The Dryden Press.

Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksra.

Kemp dan Dayton. 1985. Planing and Producing Instructional. New York.

Lavie, W. H. and Lentz, R. 1991. Effects of text. Jakarta: Kencana Wibawa dan Mukti

Muharto. (2016). Metode penelitian sistem informasi.yogyakarata : CV Budi Utama.

Narimawati, Umi. 2007. Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Agung Media

Rohani. (1991). Bingbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT. Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Syaodih. 2013. Medtode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hamruni.

Smaldino, Lawther, dan Russel. 2011. Instructional. Technology and Media for Learning

Sudjana. 2010. Dasar Dasar Proses Belajar , Sinar Baru Bandung. Cerdas Berhitung BSE

Susilana.2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima

Silahi. 2010. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakata:Pustaka Pelajar.

Tegeh, I Made, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wiratama, W. M. P. (2019). Handout sebagai Perangkat Pembelajaran Praktis. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 42(2), 158-169.

Unduhan

Diterbitkan

2021-03-01