MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KENDALI PADA INSTALASI MOTOR LISTRIK BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER DI SMK NEGMEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KENDALI PADA INSTALASI MOTOR LISTRIK BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER DI SMK NEGERI 1 DENPASARERI 1 DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v10i1.32549Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran sistem kendali pada instalasi motor listrik berbasis Programmable Logic Controller di SMK Negeri 1 Denpasar yang digunakan untuk membantu proses belajar pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik di kelas XII Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Denpasar. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian R&D (Reasearch and Development). Penelitian ini menggunakan teknik analisa statistik persentase untuk mengolah data ahli isi, ahli media, dan uji coba kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengambilan data ahli isi, ahli media, dan siswa. Hasil penelitian diperoleh: Hasil uji ahli isi diperoleh persentase sebesar 95.45% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji ahli media diperoleh persentase sebesar 95.23% dengan kualifikasi sangat layak. Rentang skor untuk 6 orang responden uji kelompok kecil semua termasuk dalam kualifikasi sangat tinggi, dan rentang skor untuk 29 orang responden uji kelompok besar semua termasuk dalam kualifikasi sangat tinggi. Media pembelajaran sistem kendali pada instalasi motor listrik berbasis Programmable Logic Controller di SMK Negeri 1 Denpasar layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas XII Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Denpasar pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Motor Listrik, PLC.
Referensi
Adiarta, Agus. 2017. “Dasar-Dasar Instalasi”. Depok: Rajawali Pers
Agung, Dwi Panca Sakti. 2018. “Pembuatan Dan Pemanfaatan Alat Trainer Instalasi Kendali Motor Listrik Berbasis Programmable Logic Controller (PLC) Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Praktik Dasar Sistem Kontrol Di Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang”. Skripsi. FT Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Alit, Ketut Agus Sanjaya Dewa. 2018. “Pengembangan Trainer Panel Kontrol Listrik Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Kelas XI TIPTL Di SMK Negeri 3 Singaraja”. Skripsi. FTK, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.
Amalul, M. Afif Arifidin. 2016. “Pengembangan Trainer-Kit Untuk Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Kelas XII Di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta”. Skripsi. FT, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Arikunto, 1996. “Prosedur Penelitian”. Jakarta: Rineka Cipta.
Arindya, Radita. 2013. “Penggunaan Dan Pengaturan Motor Listrik”. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Azwar, Saifuddin. 2012. “Penyusunan Skala Psikologi”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Badan Standarisasi Nasional. (2000). “PERSYARATAN UMUM INSTALASI LISTRIK 2000 (PUIL 2000)”. Jakarta: BSN
Danu, Made Dhira Wiguna. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Pengendali Elektromagnetik Berbasis Smart Relay Pada Instalasi Motor Listrik”. Skripsi. FTK, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.
Estewe, Hend. 2016. Defisini Pengembangan Menurut Beberapa Ahli dan Definisi Bahan Ajar. http://banghens.blogspot.com/2016/09/definisi-pengembangan-menurut-beberapa.html (Diakses pada tanggal 12 Mei 2020).
Kusnandi, Cecep. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran”. Jakarta: Kencana.
Pakpahan, Andrew Fernando dkk. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran”, Medan: Yayasan Kita Menulis.
Pratama, Ika I komang. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Pengendali Elektromagnetik Pada Instalasi Motor Listrik Di JurusanTeknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 1 Denpasar”. Skripsi. FTK.
Sadiman, Arif. 2002. “Media Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya”. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Setiawan, Iwan. 2006. “Programmable Logic Controller (PLC) dan Teknik Perancangan Sistem Kontrol”. Jogyakarta: Andi.
Sobirin, Iskandar.2011. PenjelasanPLC http://iskandarsobirin.blogspot.com/ 2011/06/penjelasan-plc.html, (Diakses pada tanggal 20 Maret 2020).
Sugiyono, 2015. “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D)”. Bandung: Alfabeta.
Wiratama, W. M. P. (2019). Handout sebagai Perangkat Pembelajaran Praktis. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 42(2), 158-169.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.