MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER PENGUKURAN TATA CAHAYA PORTABLE PADA MATA KULIAH INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNDIKSHA

Penulis

  • Made Adi Krisman
  • I Putu Suka Arsa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Ratnaya Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v10i2.32589

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat Trainer Pengukuran Tata Cahaya, mengetahui kelayakan serta mengetahui respons mahasiswa terhadap media pembelajaran Trainer Pengukuran Tata Cahaya Portable pada mata kuliah Instalasi Penerangan Listrik di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode angket/kuesioner yang dinilai oleh ahli isi, ahli media dan mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh: hasil uji validasi dari ahli media mendapatkan persentase 93% dengan kualifikasi layak, hasil uji ahli materi/isi mendapatkan persentase 95%  dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji coba kelompok kecil nilai terendah dari respon adalah 42 dengan kategori/klasifikasi sangat baik dan hasil uji kelompok besar atau uji lapangan nilai terendah dari respons adalah 39 dengan kategori /klasifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran Trainer Pengukuran Tata Cahaya portable layak digunakan dan mendapat respons yang baik dari mahasiswa pada proses pembelajaran pada mata kuliah Instalasi Penerangan Listrik di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Trainer Pengukuran Tata Cahaya Portable, Instalasi Penerangan Listrik

Referensi

Arrozi, Ihwan, 2018. “Pengembangan Media Praktikum Portable Pada Mata Kuliah Instalasi Tata Cahaya di Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Pendidikan Ganesha”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Asyhar, Rayandra, 2012. “Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran”, Jakarta: Referensi.

Azhar, Arsyad, 2005. “Media Pembelajaran”, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Koyan Wayan. 2012. “Statistik Pendidikan Teknik Analisa Data Kuantitatif”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Neidle, 1999. Teknologi Instalasi Listrik, Jakarta: Erlangga.

Sanjaya, Wina, 2008. “Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran”, Jakarta: Prenadamedia.

Sapiie, Soedjana, 2005. “Pengukuran dan Alat-alat Ukur Listrik”, Jakarta: PT Malta.

Setiawan, Reda, 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Instalasi Penerangan Listrik Inbow Portable pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Instalasi Listrik di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D), Bandung: Alfabeta.

Wiratama, W. M. P. (2019). Handout sebagai Perangkat Pembelajaran Praktis. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 42(2), 158-169.

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-02