MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER HUKUM OHM DAN HUKUM KIRCHOFF PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Penulis

  • Komang Perdy Trisna
  • I Putu Suka Arsa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Wayan Mahardika Prasetya Wiratama Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v10i2.32595

Abstrak

ABSTRAK

            Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran trainer Hukum Ohm dan Hukum Kirchoff yang digunakan untuk membantu proses belajar pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian R&D (Reasearch and Development). Penelitian ini menggunakan teknik analisa statistik persentase untuk mengolah data ahli isi, ahli media, dan uji coba lapangan. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen pengambilan data ahli isi, ahli media, dan siswa. Hasil penelitian diperoleh: Hasil uji ahli isi diperoleh persentase sebesar 90.91% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji ahli media diperoleh persentase sebesar 94.44% dengan kualifikasi sangat layak. Hasil uji kelompok kecil dengan 5 responden diperoleh persentase sebesar 100% dengan responden terendah yaitu pada responden 4 (R4) dengan skor 49 sudah termasuk klasifikasi sangat baik, dan hasil uji kelompok besar dengan 25 responden mendapatkan persentase sebesar 100% dengan responden terendah yaitu pada responden 9 (A9) dengan skor 45 sudah termasuk klasifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran trainer Hukum Ohm dan Hukum Kirchoff layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 3 Singaraja pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Hukum Ohm, Hukum Kirchoff, Dasar Listrik dan Elektronika.

Referensi

Ariawan, Gusti Putu Aldi Mahasa. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Analisis Tegangan Dan Arus Dc Beban Resistif Pada Mata Kuliah Praktikum Rangkaian Listrik Di Program Studi Pedidikan Teknik Elektro Undiksha. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Arikunto, 1996. “Prosedur Penelitian”. Jakarta: Rineka Cipta.

Blocher, Richard. 2003. Dasar Elektronika. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Cekdin, C., & Barlian, T. 2013. Rangkaian Listrik. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Dickyarllee. 2017. Hukum Kirchoff Arus. Tersedia pada https://dickyarllee.wordpress.com/2017/05/16/hukum-kirchoff-arus-2/, diakses pada tanggal 7 maret 2020.

Jalinus, N., & Ambiyar. 2016. Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Kho, Dickson. 2014. Cara Menghitung Nilai Resistor. Tersedia pada https://teknikelektronika.com/cara-menghitung-nilai-resistor/, diakses pada tanggal 7 Maret 2020

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Undiksha Press.

N, Imam Muda. 2013. Elektronika Dasar. Malang: Gunung Samudera.

Ponto, Hantje. 2019. Dasar Teknik Listrik. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Purnomo, Eko. 2015. Resistor Tetap. Tersedia pada https://nulis-ilmu.com/resistor-tetap/, diakses pada tanggal 9 Maret 2020

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutarti, T., & Irawan, E. 2017. Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: CV Budi Utama Wahyudi, Udik. 2018. Mahir Dan Terampil Belajar Elektronika Untuk Pemula. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Ujiyanto. 2016. Resistor Tidak Tetap. Tersedia pada https://gokakoelektro.blogspot.com/2016/01/resistor-tidak-tetap-variable-resistor.html, diakses pada tanggal 20 Maret 2020

Wibawa, Putu., Ratnaya, G. Adiarta, A. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Rangkaian Listrik RLC Pada Praktikum Rangkaian Listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.

Wiranata, Ketut Artaka. 2018. Pengembangan Trainer Elektronika Rangkain Listrik Seri dan Paralel Sebagai Media Pembelajaran Praktikum Dasar Listrik dan Elektronika Pada Kelas X TITL di SMK Negeri 3 Singaraja. Skirpsi (Tidak Diterbitkan) Pendidikan Teknik Elektro. Fakultas Teknik Dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Wiratama, W. M. P. (2019). Handout sebagai Perangkat Pembelajaran Praktis. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 42(2), 158-169.

Yaumi, Muhammad. 2018. Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yohandri, & Asrizal. 2016. Elektronika Dasar 1. Jakarta: Kencana.

Zukhri, Zainudin. 2007. Analisis Rangkaian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-02