PENGEMBANGAN BASIC DIGITAL TRAINER PADA MATA KULIAH RANGKAIAN DIGITAL DI PROGRAM STUDI S1 PENDIDKAN TEKNIK ELEKTRO UNDIKSHA

Penulis

  • Didin Agung Gumelar Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Ratnaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Wayan Mahardika Prasetya Wiratama Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v10i2.36934

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat Media Pembelajaran Basic Digital Trainer, mengetahui kelayakan media, dan mengetahui respons peserta didik terhadap media. Penelitian ini termasuk jenis penelitian R&D (Research and Development). Penelitian ini menggunakan analisa data statistik persentase kelayakan untuk mengolah data dari uji ahli isi dan uji ahli media, sedangkan untuk uji kelompok kecil dan uji kelompok besar menggunakan analisa data model Standar Skala Lima. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian diperoleh: hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 98,86% dengan kualifikasi sangat layak, hasil validasi ahli isi diperoleh persentase sebesar 85,41% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji coba kelompok kecil diperoleh dari 5 responden termasuk kategori sangat tinggi, dan hasil uji coba kelompok besar diperoleh dari 21 responden termasuk kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, Media Pembelajaran Basic Digital Trainer bisa dibuat dan layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Rangkaian Digital serta mendapatkan respons sangat baik dari peserta didik di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.

Referensi

Arikunto. 1996. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Asshobra, M. S. (2020). Pengembangan Trainer Counter Seven Segment Sebagai Media Pembelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Azwar, Saifuddin. 2012. Validitas dan Reabilitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Chattopadhyay, Dkk. 1989. Dasar Elektronika. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Dewantara, G. P., Ratnaya, I. G., & Adiarta, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Elektronika Dasar Untuk Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 9(3), 171-181.

Ferryana, I. G. I., Ratnaya, I. G., & Santiyadnya, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Elektronika Dasar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 9(2), 123-132.

Krisnayudha, M. R., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Autoplay dalam Materi Menerapkan Elektronika Dasar Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK Negeri 1 Tejakula. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(1), 23-30.

Kurniartha, K. C., Arsa, P. S., & Ratnaya, G. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Autoplay Pada Materi Gerbang Logika untuk Siswa Kelas X Tav di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(1), 16-22.

L.Tokheim, Roger. 1990. Elektronika Digital Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Rahmadiyah, I. P., & Sumbawati, M. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Elektronika Digital untuk Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1).

Setyono, A., & Sumbawati, M. S. (2015). Pengembangan Perangkat Trainer Elektronika Digital Menggunakan Perangkat Lunak Proteus untuk Pembelajaran Elektronika Digital di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). Sudaryono, dkk. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.

Wiratama, W. M. P. (2019). Handout sebagai Perangkat Pembelajaran Praktis. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 42(2), 158-169.

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-02