PENGEMBANGAN TRAINER PENGAPLIKASIAN PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC) SEBAGAI SISTEM KONTROL TRAFFIC LIGHT 4 JALUR PORTABLE UNTUK SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v10i3.37085Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat media Trainer Pengaplikasian Programmable Logic Controller (PLC) Sebagai Sistem Kontrol Traffic Light 4 Jalur Portable, mengetahui kelayakan media sebagai penunjang proses pembelajaran, serta mengetahui respons peserta didik terhadap media pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik di Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). Penelitian ini, termasuk model penelitian R & D (Research and Development). Penelitian menggunakan angket atau kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data oleh ahli isi (materi), ahli media dan peserta didik. Dari hasil penelitian diperoleh: hasil uji coba ahli isi diperoleh nilai persentase sebesar 98,07% dengan klasifikasi sangat layak, hasil uji coba ahli media diperoleh persentase sebesar 96,15% dengan klasifikasi sangat layak, hasil uji kelompok kecil hasil nilai responden terendah yaitu pada responden 5 (R5) dengan skor 49 sudah termasuk klasifikasi sangat baik, hasil uji kelompok besar hasil nilai responden terendah yaitu pada responden 4 (A4) dengan skor 49 sudah termasuk klasifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, media Trainer Pengaplikasian Programmable Logic Controller (PLC) Sebagai Sistem Kontrol Traffic Light 4 Jalur Portable layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik di Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 3 Singaraja.
Referensi
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Fauza, M. A. A. (2020). Pengembangan Trainer Programmable Logic Controller (PLC) dan Elektropneumatik untuk Siswa SMK N 1 Bukittinggi. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), 87-92.
Hasan, Iqbal. 2006. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Akasara.
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisa Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Setyawan, F., & Suprianto, B. (2014). Pengembangan Trainer dan Job-Sheet PLC Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Diklat PLC di Jurusan Elektronika Industri SMK Negeri 2 Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3).
Sudaryono, dkk. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2019 Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta,
Suprianto, B. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer PLC untuk Aplikasi Kontrol Otomatis Pintu Air Sungai pada Mata Pelajaran Teknik Kontrol Terprogram di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1).
Tri Handana, Nyoman. (2018). Pengembangan Trainer Programmable Logic Controller (PLC) Portable Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Kelas XII TITL SMK Negeri 3 Singaraja. Skripsi (Tidak Diterbitkan) Pendidikan Teknik Elektro. Fakultas Teknik dan Kejuruan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.
Wiguna, M. D. D., Arsa, I. P. S., & Ratnaya, I. G. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Pengendali Elektromagnetik Berbasis Smart Relay Pada Instalasi Motor Listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 9(3), 203-212.
Wiratama, W. M. P. (2019). Handout sebagai Perangkat Pembelajaran Praktis. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 42(2), 158-169.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.