PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER TV DIGITAL PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN SISTEM RADIO DAN TELEVISI DI KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Penulis

  • Dewa Nyoman Widiana Nida
  • Agus Adiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Wayan Mahardika Prasetya Wiratama Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v11i1.37498

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat media Trainer TV Digital, mengetahui kelayakan media sebagai penunjang proses pembelajaran, serta mengetahui respons peserta didik terhadap media pada mata pelajaran Penerapan Sistem Radio dan Televisi di Program Keahlian Teknik Audio Video (TAV). Penelitian ini, termasuk model penelitian R&D (Research and Development). Penelitian menggunakan angket atau kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data oleh ahli isi (materi), ahli media dan peserta didik. Dari hasil penelitian diperoleh: hasil uji coba ahli isi diperoleh nilai persentase sebesar 93,18% dengan klasifikasi sangat layak, hasil uji coba ahli media diperoleh persentase sebesar 92,04% dengan klasifikasi sangat layak, hasil uji kelompok kecil hasil nilai responden terendah yaitu dengan skor 52 termasuk klasifikasi sangat baik, hasil uji kelompok besar hasil nilai responden terendah yaitu dengan skor 52 termasuk klasifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, media Trainer TV Digital yang dirancang dan dibuat layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Penerapan Sistem Radio dan Televisi di Program Keahlian Audio Video (TAV) SMK Negeri 3 Singaraja.

Referensi

Arsyad, Azhar. 2017. “Media Pembelajaran Edisi Revisi”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asyhar, H. Rayandra. 2012. “Kreatif Menegembangkan Media Pembelajaran”. Jakarta: Referensi.

Kadek Reda Setiawan Suda, 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Instalasi Penerangan Inbow Portable Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Instalasi Listrik Di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha”. Skripsi (Tidak Diterbitkan) Pendidikan Teknik Elektro. Fakultas Teknik dan Kejuruan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Koyan Wayan. 2012. “Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Lib. 2017. “Trainer Televisi LCD Sebagai Media Pemebelajaran Troubleshooting Televisi LCD Pada Siswa SMK”. Tersedia pada lib.unnes.ac.id (diakses tanggal 15 April 2020).

Hariyanto. 2012. “Pengertian Media Pembelajaran”. Tersedia pada http://belajarpsikologi.com/pengertian- media-pembelajaran/ (diakses tanggal 13 Mei 2020).

Ngarti Jero. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Camtasia Studio Video Cd Interaktif Mata Pelajaran” Menggambungkan Audio Ke Dalam Sajian Multimedia” Kelas XI Multimedia Di SMKN 2 Kintamani”. Skripsi (Tidak Diterbitkan) Pendidikan Teknik Elektro. Fakultas Teknik dan Kejuruan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudaryono,dkk. 2013. Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogjakarta: Graha Ilmu,Edisi 1.

Sugiyono. 2009. “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D)”. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2019. “Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development”. Bandung: Alfabeta

Tanaya Marya. 2018. “Pengembagan Trainer Mikrokontroler Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pemrograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler Kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Singaraja”. Skripsi (Tidak Diterbitkan) Pendidikan Teknik Elektro. Fakultas Teknik dan Kejuruan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Wiratama, W. M. P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Quick on The Draw. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 187-197.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-01