PENGEMBANGAN TRAINER PENGUAT DAYA AUDIO POWER AMPLIFIER OCL (OUTPUT CAPACITOR LESS) PADA MATA PELAJARAN PERENCANAAN DAN INSTALASI SISTEM AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Penulis

  • Gede Asmara Yudha Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Santiyadnya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Ratnaya Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v11i1.40315

Abstrak

Penelitian ini bertujuan membuat media Trainer Penguat Daya Audio Power Amplifier OCL, mengetahui kelayakan, dan mengetahui respon peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam model R &D (Research and Development). Penelitian menggunakan angket atau kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data oleh ahli isi (materi), ahli media dan peserta didik. Dari hasil penelitian diperoleh : media trainer bisa dibuat hasil uji validasi ahli isi diperoleh nilai persentase sebesar 98,3% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 96,6% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji kelompok kecil hasil skor responden terendah ada pada responden R1, R3, dan R5 dengan skor 41, skor tersebut termasuk klasifikasi sangat baik, hasil uji kelompok besar hasil skor responden terendah ada pada responden A8 dengan skor 40, skor tersebut termasuk klasifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, media Trainer Penguat Daya Audio Power Amplifier OCL layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video di Program Keahlian Audio Video (TAV) SMK Negeri 3 Singaraja.

Kata Kunci : Trainer, Penguat Daya Audio, Power Amplifier OCL.

Referensi

Andika Sapta Agung. 2014. ''Media Pembelajaran Trainer Penguat Audio Untuk Mata Pelajaran Teknik Audio di SMKN 3 Yogyakarta. Skripsi. Pendidikan Teknik Elektronika, UNY''.

Arsyad, Azhar. 2017. “Media Pembelajaran Edisi Revisi”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asyhar, H. Rayandra. 2012. “Kreatif Menegembangkan Media Pembelajaran”. Jakarta: Referensi.

Bayu Adi Kurniawan. 2014. ''Trainer Penguat Daya Output Capasitor Less (OCL)Sebagai Media Pembelajaran Elektronika Audio. Skripsi. PendidikanTeknik Elektronika, UNY''.

Iqbal Hasan. 2006 ''Pembelajaran dan Belajar''. Jakarta Utara : Gramedia

Koyan Wayan. 2012. “Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Samiudin. 2016. ”Metode Penelitian”. Malang: Graha Ilmu.

Santosa, Budi. 2016. ''Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Audio Power Amplifier OCL dilengkapi VU Meter dan Protektor Speaker''. Skripsi. Prodi Pendidikan Elektro, Undiksha.

Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: ALFABETA, CV.

Sugiyono. 2019. “Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development”. Bandung: Alfabeta

Wiratama, W. M. P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Quick on The Draw. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 187-197.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-01