Pengembangan Trainer Rangkaian Listrik Pada Mata Peljaran Dasar Listrik dan Elektronika Untuk Kelas x Program Keahlian Teknik Audeo Video (TAV) Di SMK Negeri 1 Denpasar

Penulis

  • Kadek Odi Arimbawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Agus Adiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Ratnaya Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v11i2.40672

Abstrak

ABSTRAK

 

       Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan mengetahui respon dari peserta didik terhadap trainer rangkaian listrik, untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran dan mengetahui respon peserta didik pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Program Keahlian Teknik Audio Video (TAV). Penelitian ini, termasuk model penelitian R&D (Research and Development). Penelitian menggunakan angket atau kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data Ahli Materi, Ahli Media dan peserta didik. Hasil uji Ahli Media diperoleh nilai persentase sebesar 94,64% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji coba Ahli Materi diperoleh persentase sebesar 92,5% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji kelompok kecil hasil nilai responden terendah yaitu pada responden R7 dengan sekor 67 sudah termasuk klasifikasi sangat baik, hasil uji kelompok besar hasil nilai responden terendah yaitu pada responden R7 dengan sekor sama yaitu 66  sudah termasuk klasifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, media Pembelajaran Trainer Rangkaian Listrik layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Program Keahlian Teknik Audio Video (TAV) SMK Negeri 1 Denpasar.

Kata Kunci : Media Pembelajaran,Trainer Rangkaian Listrik, Dasar listrik dan Elektronika

Referensi

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dewa, Ketut Agus Alit Sanjaya. 2018. Pengembangan Trainer Panel Kontrol Motor Listrik Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Kelas XI TIPTL Di SMK Negeri 1 Denpasar.Skripsi (tidak diterbitkan).Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Dewi, Ni Luh Pramita. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Autoplay Untuk Materi Pengenalan Komponen Elektronika Pada Siswa Kelas X TAV di SMK Negeri 1 Denpasar.Skripsi (tidak diterbitkan).Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Fauziah, Resti, dkk. (2013). PEMBELAJARAN SAINTIFIK ELEKTRONIKA DASAR BERORIENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH.Tersedia pada http://ejournal.upi.edu/index.php/invotec/article/view/4878 (diakses pada tanggal 2 Juli 2019).

Hakim, Abdul Hafid R dan J. A. Pramukantoro. (2013). PENGARUH PERPADUAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA. Tersedia pada :https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/658(diakses pada tanggal 2 Juli 2019).

Hariyanto. (2012). pengertian media pembellajaran. Retrieved November 3, 2018. Tersedia pada http://belajarpsikologi.com/pengertian-media-pembelajaran/ (diakses pada tanggal 2 Juli 2019).

Rahmadiyah, Inggit Pangestu dan Meini Sondang Sumbawati. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER ELEKTRONIKA DIGITAL UNTUK MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKADASAR.Tersediapada https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikanteknik-elektro/article/view/10399 (diakses pada tanggal 2 Juli 2019).

Ramdhani, M. (2005). Rangkaian listrik. Bandung.Tersedia pada http://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/Rangkaian_Listrik.pdf (diakses pada tanggal 2 Juli 2019).

Riyadi, A. S. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk Mata Diklat Mengoperasikan Mesin Cnc Dasar Di Smk Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta, 57–73. Tersedia pada https://eprints.uny.ac.id/3848/ (diakses pada tanggal 2 Juli 2019)

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-01