PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INSTALASI LISTRIK PADA MATA KULIAH DASAR - DASAR INSTALASI LISTRIK DI PRODI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNDIKSHA

Penulis

  • Angga Andiana Septian
  • Nyoman Santiyadnya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Wayan Mahardika Prasetya Wiratama Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v11i2.44060

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) membuat media video pembelajaran Instalasi Listrik pada mata kuliah dasar-dasar instalasli listrik, 2) mengetahui kelayakan media video pembelajaran Instalasi Listrik pada mata kuliah dasar-dasar instalasi listrik, 3) dan mengetahui respons peserta didik terhadap media video pembelajaran instalasi listrik pada mata kuliah dasar-dasar instalasi listrik. Penelitian ini, termasuk jenis penelitian R&D (Research and Development). Penelitian ini menggunakan analisa data statistik persentase kelayakan untuk mengolah data kuesioner uji ahli isi dan uji ahli media, sedangkan untuk uji kelompok kecil dan uji kelompok besar menggunakan analisa data model Standar Skala Lima. Penelitian menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data oleh ahli isi (materi), ahli media dan peserta didik. Hasil penelitian diperoleh: 1) hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 88,5% dengan kualifikasi sangat layak, 2) hasil validasi ahli isi diperoleh persentase sebesar 88,09% dengan kualifikasi sangat layak, 3) hasil uji coba kelompok kecil diperoleh dari lima responden yang termasuk dalam kategori sangat tinggi, 4) hasil uji coba kelompok besar diperoleh dari dua puluh lima responden semua termasuk kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, media video pembelajaran Instalasi Listrik layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah dasar-dasar instalasi listrik di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.

Referensi

Adiarta, Agus. (2017). Dasar-Dasar Instalasi. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Arief S Sadirman, Dkk. (2008). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Asyhar, Rayandra.2012. Kreatif mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Refrensi Jakarta

Hariningsih. (2005). Teknologi Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Muliadi, Chandra. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Aplikasi Mocrosoft Visio Untuk Mata Pelajaran Kerja Bengkel Dan Gambar Teknik Pada Siswa Kelas X Tav Di Smk Negeri 3 Singaraja. Skripsi (Tidak Diterbitkan) Pendidikan Teknik Elektro. Fakultas Teknik dan Kejuruan. Universitas Pendidikan Ganesha

Rusman, Dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.

Wiratama, W. M. P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Quick on The Draw. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 187-197.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-01