Media Pembelajaran NodeMCU8266 Menggunakan IoT pada Mata Kuliah Sistem Kendali Berbasis Komputer di Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha

Penulis

  • Mohammad Jovi Ramadhan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Santiyadnya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Made Surya Bumi Pracasitaram Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v11i2.48430

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat Media Pembelajaran NodeMCU8266 menggunakan IoT pada mata kuliah Sistem Kendali Berbasis Komputer di Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Penelitian ini tergolong klasifikasi penelitian R&D (Reasearch and Development). Penelitian ini menggunakan metode analisa statistik persentase digunakan sebagai mengolah data ahli isi, ahli media, dan uji coba mahasiswa. Penelitian ini memakai kuesioner sebagai instrument pengambilan data dari ahli isi, ahli media, dan mahasiswa. Hasil riset diperoleh: hasil uji ahli media mendapatkan persentase sebesar 94,79% dengan kualifikasi sangat layak, uji validasi ahli isi mendapatkan presentase sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat layak. Rentang skor kepada 5 orang responden uji kelompok kecil seluruh tercantum dalam kualifikasi sangat tinggi, dan rentang skor untuk 20 orang responden uji kelompok besar seluruh tercantum dalam kualifikasi sangat tinggi. Media Pembelajaran NodeMCU8266 Menggunakan IoT pada Mata Kuliah Sistem Kendali Berbasis Komputer di Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Referensi

Daryanto. (2010). Media pembelajaran peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media..

Depdikbud. (2003). Undang - Undang RI nomor 20, Tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasionall.

Dewi, L. (2018). Perbandingan Penggunaan Media Pembelajaran Mikrokontroler Arduino Dan AT89551 . Perbandingan Penggunaan Media Pembelajaran Mikrokontroler Arduino Dan AT89551 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Pemrograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler Di SMKN 6 Bandung, 1-4.

Kasali, R. (2007). Manajemen Periklanan, Cetakan kelima. jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Masykur, F. &. (2016). Aplikasi rumah pintar (smart home) pengendali peralatan elektronik rumah tangga berbasis web. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. (JTIIK), 3(1).

Prihatmoko, D. (2016). Penerapan internet of things (iot) dalam pembelajaran di unisnu jepara. SIMETRIS, 7(2), 567-574.

Sadiman, A. S. (2003). Media pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT RajaGrafindo Persada.

Setyosari, P. d. (2005). Media Pembelajaran. Malang: Elang Emas.

Stallings, W. (2015). Foundation of modern networking SDN, NFV, QoE, IoT and cloud. United States: Pearson Education.

Sudjana, N. &. (2002). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.

Systems, E. (2019). ESP8266EX datasheet version 6.3. Espressif Systems.

Wati, E. R. (2016). Ragam media pembelajaran (A. Jarot Ed.). Yogyakarta: Kata Pena.

Wiratama, W. M. P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Quick on The Draw. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 187-197.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-01