PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP UNTUK MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v11i2.50236Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuat Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Uap di SMA Negeri 2 Singaraja. Mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Uap, dan mengetahui respon dari peserta didik terhadap Media pembelajaran ini. Penelitian ini merupakan penelitian R & D (Reasearch and Development). Penelitian ini menggunakan metode analisa statistik persentase digunakan dalam mengolah data ahli isi, ahli media, dan uji coba di lapangan. Penelitian ini memakai kuesioner sebagai instrumen pengambilan data dari ahli isi, ahli media, dan siswa. Hasil penelitian diperoleh: hasil uji ahli media mendapatkan persentase sebesar 96,42% dengan kualifikasi sangat layak, uji validasi ahli isi mendapatkan persentase sebesar 95,45% dengan kualifikasi sangat layak. Rentang skor kepada 6 orang responden uji kelompok kecil termasuk dalam kualifikasi sangat tinggi, dan rentang skor untuk 37 orang responden uji kelompok besar termasuk dalam klasifikasi sangat tinggi. Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Uap Untuk Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pembangkit listrik, Materi rekayasa pembangkit.
Referensi
Arikunto. 1996. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. 2012. Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rima Wati, Ega. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena
Sugiyono. 2015. Metode PenelitianPendidikan(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta.
Sumarno, Alim (2012) Perbedaan penelitian dan Pengembangan.UNESA.
Sutikno, Sobry. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tegeh Made Dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Adi Pramana, I Made. (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Electrical Refrigeration and Air Conditioner. Di SMK Negeri 1 Denpasar. Universitas Pendidikan Ganesha.
Fazari, R. (2016). PERAN RELE GE-SR489 SEBAGAI PENGAMAN ARUS BEBAN.Abstrak Hasil Penelitian Politeknik Negeri Sriwijaya. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya
Hartoyo,E. (2012).Jenis-Jenis Valve. Diakses dari eryhartoyo. pada tanggal 12 juli 2021, Jam 11.30 WIB.
Ken Afif Andrie (2020) Pengembangan Unit Trainer Pembangkit Listrik Tenaga Uap Guna Menunjang Praktek Pembangkit Tenaga Listrik Di Smkn 2 Cilacap. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Persada, G. B. (2020, February 27). Sistem Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU). Sistem Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU), p. 18.
Pieterz, R., Soenoko, R., & Wahyudi, S. (2013). Pengaruh Jumlah Sudu Terhadap Optimalisasi Kinerja Turbin Kinetik Roda Tunggal. Jurnal Rekayasa Mesin Vol.4, 220-226.
Wiratama, W. M. P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Quick on The Draw. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 187-197.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.