PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI PEMBELAJARAN REFRIGERATOR BERBASIS ANDROID PADA MATA KULIAH PERANCANGAN INSTALASI MESIN PENDINGIN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI PEMBELAJARAN REFRIGERATOR BERBASIS ANDROID PADA MATA KULIAH PERANCANGAN INSTALASI MESIN PENDINGIN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v11i2.50323Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuat Modul Pebelajaran Digital Berbasis Hyperlink (Lighting Foto) pada Mata Kuliah Peralatan Tata Cahya di Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, mengetahui kelayakan modul pembelajaran digital pencahayaan 3 lampu pada mata kuliah peralatan tata cahaya, dan mengetahui respon dari peserta didik atau mahasiswa terhadap modul pembelajran digital ini. Penelitian ini, termasuk jenis penelitian R&D (Reasearch and Development). Penelitian ini menggunakan metode analisa statistik deskriptif persentase untuk kelayakan uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Penelitian ini memakai kuesioner sebagai instrument pengumpulan data oleh ahli isi (materi), ahli media, dan peserta didik atau mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh: modul pembelajaran digital berbasis hyoerkibk (lighting foto) dan pada hasil uji ahli media mendapatkan persentase sebesar 91,6% dengan kualifikasi sangat layak,dari uji validasi ahli isi mendapatkan presentase sebesar 92,5% dengan kualifikasi sangat layak dan uji coba kelompok kecil sebanyak 5 orang responden yang mendapat kualifikasi sangat layak. Rentang skor untuk 20 orang responden uji kelompok besar seluruh tercantum dalam klasifikasi sangat baik. Modul Pembelajaran Berbasis Hyperlink (Lighting Foto) Pada Mata Kuliah Peralatan Tata Cahaya di Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Pendidikan Ganesha layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Modul Pembeljaran Digital, Hyperlink, Lighting Foto.
Referensi
Andika Sapta Agung. 2014. ''Media Pembelajaran Trainer Penguat Audio Untuk Mata Pelajaran Teknik Audio di SMKN 3 Yogyakarta. Skripsi. Pendidikan Teknik Elektronika, UNY''.
Arsyad, Azhar. 2017. “Media Pembelajaran Edisi Revisi”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asyhar, H. Rayandra. 2012. “Kreatif Menegembangkan Media Pembelajaran”. Jakarta: Referensi.
Bayu Adi Kurniawan. 2014. ''Trainer Penguat Daya Output Capasitor Less (OCL)Sebagai Media Pembelajaran Elektronika Audio. Skripsi. PendidikanTeknik Elektronika, UNY''.
Cheppy Riyana. 2007. “Pedoman Pengmbangan Media Video”. Jakarta: P3AI UPI. Hotmaaulina Sihotang. 2020. “Materi Pembelajaran Pengembangan Pembelajaran”. Jakarta: UKI Press
Iqbal Hasan. 2006 ''Pembelajaran dan Belajar''. Jakarta Utara : Gramedia
Koyan Wayan. 2012. “Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Samiudin. 2016. ”Metode Penelitian”. Malang: Graha Ilmu.
Santosa, Budi. 2016. ''Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Audio Power Amplifier OCL dilengkapi VU Meter dan Protektor Speaker''. Skripsi. Prodi Pendidikan Elektro, Undiksha.
Sugiyono. 2015. “Media Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualifikasi, dan R&D)”. Bandng: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: ALFABETA, CV.
Sugiyono. 2019. “Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development”. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2019. “Metode Penelitian Pendidikan”. Banding: Alfabeta.
Wiratama, W. M. P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Quick on The Draw. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 187-197.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.