PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGUKURAN TEKNIK PADA INSTALASI RUMAH TANGGA BERBASIS MACROMEDIA FLASH DI MATA KULIAH PENGUKURAN TEKNIK
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGUKURAN TEKNIK PADA INSTALASI RUMAH TANGGA BERBASIS MACROMEDIA FLASH DI MATA KULIAH PENGUKURAN TEKNIK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v11i3.50329Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuat Media Pembelajaran Pengukuran Teknik Pada Instalasi Rumah Tangga Berbasis Macromedia Flash yang layak untuk digunakan serta mengetahui respon dari peserta didik terhadap media ini pada Mata Kuliah Pengukuran Teknik di Program Studi D3 Teknik Elektronika. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode angket atau kuesioner yang dinilai oleh ahli isi, ahli media dan peserta didik. Hasil kuesioner untuk mengetahui kelayakan Media Pengukuran Teknik Pada Instalasi Rumah Tangga Berbasis Macromedia Flash. Hasil Penelitian diperoleh: Uji validasi dari ahli isi mendapatkan persentase sebesar 100%, hasil uji validasi dari ahli media mendapatkan persentase sebesar 91,12%, hasil uji coba pada kelompok kecil yang melibatkan 5 orang responden mendapatkan kualifikasi sangat layak dengan persentase 100%, hasil uji kelompok besar dari 21 orang responden mendapatkan klasifikasi sangat baik. Media Pembelajaran Pengukuran Teknik Pada Instalasi Rumah Tangga Berbasis Macromedia Flash di Mata Kuliah Pengukuran Teknik di Program Studi D3 Teknik Elektronika Universitas Pendidikan Ganesha layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Referensi
Arikunto, S. 2000. "Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek". Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono. 2015. "Media Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D)". Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. "Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan)". Bandung: Alfabet.
Handayani, H., & Ganda Putra, F. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash. Vol 16. No. 2. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tatsqif/article/view/160 (diunduh pada 10 November 2021).
Andika Sapta Agung. 2014. ''Media Pembelajaran Trainer Penguat Audio Untuk Mata Pelajaran Teknik Audio di SMKN 3 Yogyakarta. Skripsi. Pendidikan Teknik Elektronika, UNY''.
Arsyad, Azhar. 2017. “Media Pembelajaran Edisi Revisi”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asyhar, H. Rayandra. 2012. “Kreatif Menegembangkan Media Pembelajaran”. Jakarta: Referensi.
Bayu Adi Kurniawan. 2014. ''Trainer Penguat Daya Output Capasitor Less (OCL)Sebagai Media Pembelajaran Elektronika Audio. Skripsi. PendidikanTeknik Elektronika, UNY''.
Iqbal Hasan. 2006 ''Pembelajaran dan Belajar''. Jakarta Utara : Gramedia
Koyan Wayan. 2012. “Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Samiudin. 2016. ”Metode Penelitian”. Malang: Graha Ilmu.
Santosa, Budi. 2016. ''Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Audio Power Amplifier OCL dilengkapi VU Meter dan Protektor Speaker''. Skripsi. Prodi Pendidikan Elektro, Undiksha.
Sugiyono. 2019. “Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development”. Bandung: Alfabeta
Wiratama, W. M. P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Quick on The Draw. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 187-197.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.