Media Pembelajaran Sistem Kendali Pensaklaran Jarak Jauh berbasis IoT di Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v11i3.50354Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuat Media Pebelajaran Sistem Kendali Pensaklaran Jarak Jauh Berbasis Iot di Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Mengetahui kelayakan Media Pebelajaran Sistem Kendali Pensaklaran Jarak Jauh Berbasis Iot, dan mengetahui respon dari peserta didik atau mahasiswa terhadap Media pembelajran ini. Penelitian ini tergolong klasifikasi penelitian R&D (Reasearch and Development). Penelitian ini menggunakan metode analisa statistik persentase digunakan sebagai mengolah data ahli isi, ahli media, dan uji coba di lapangan. Penelitian ini memakai kuesioner sebagai instrument pengambilan data dari ahli isi, ahli media, dan mahasiswa. Hasil riset diperoleh: hasil uji ahli media mendapatkan persentase sebesar 98,33% dengan kualifikasi sangat layak, uji validasi ahli isi mendapatkan presentase sebesar 96,36% dengan kualifikasi sangat layak. Rentang skor kepada 6 orang responden uji kelompok kecil seluruh tercantum dalam kualifikasi sangat tinggi, dan rentang skor untuk 20 orang responden uji kelompok besar seluruh tercantum dalam kualifikasi sangat tinggi. Media Pebelajaran Sistem Kendali Pensaklaran Jarak Jauh Berbasis Iot di Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, IoT, mata kuliah sistem kendali
Referensi
Abunifa. (2017). Konsep Dasar dan Strategi Penjaminan Mutu Pendidikan: Sebagai Review Kebijakan Mutu Pendidikan. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(2), 107–118.
Andriani, W. (2020). Pentingnya Perkembangan Pembaharuan Kurikulum dan Permasalahannya.UniversitasLambungMangkurat,1–12. https://doi.org/10.35542/osf.io/rkjsg
Atapukang. (2016). Kreatif Membelajarkan Pembelajar Dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Tepat Sebagai Solusi Dalam Berkomunikasi. Ejournal Undiksha, 17(2), 45–52.
Faizah, S. N. (2020). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85
Hidayat, R., Ag, S., & Pd, M. (2021). Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah.
Kusnandi, C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran”. Kencana.
Muhardi. (2004). Kontribusi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Mimbar, XX(4), 478–492. https://media.neliti.com/media/publications/156226-ID-kontribusi-pendidikan-dalam-meningkatkan.pdf
Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Umsida Press.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Pakpahan, A. F. dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran”. Yayasan Kita Menulis.
Pane, A., Dasopang, D., & Muhammad. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Prawiradilaga, D. S. (2016). Mozaik teknologi pendidikan: E-learning. Kencana.
Raharjo, S. B., Handayani, M., Jauhari, M., & M, F. J. (2019). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam. In kmendikbud RI (Vol. 1, Issue 1).
Sadiman, A. (2002). Media Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya”. Raja Grafindo Persada.
Sanaky, H. A. H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. In Kaukaba Dipantara.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.
Wiratama, W. M. P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Quick on The Draw. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 187-197.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.