Media Pembelajaran Sistem Kendali Lampu Dengan Handdetection Berbasis Aplikasi Pycharm Pada Mata Kuliah Sistem Kendali

Penulis

  • Kadek Oky Yunantara Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Made Surya Bumi Pracasitaram Universitas Pendidikan Ganesha
  • Wayan Mahardika Prasetya Wiratama Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v11i3.50400

Abstrak

Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk membuat Media Pebelajaran Sistem Kendali Lampu dengan Handdetection berbasis Aplikasi Pycharm yang dapat membantu proses pembelajaran, untuk mengetahui Kelayakan Media Pemblajaran serta mengetahui respon yang baik dari peserta didik pada mata kuliah sistem kendali di Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Mengetahui Kelayakan Media Pemblajaran. Penelitian ini tergolong klasifikasi penelitian R&D (Reasearch and Development). Penelitian ini menggunakan metode analisa statistik persentase digunakan sebagai mengolah data ahli isi, ahli media, dan uji coba di lapangan. Penelitian ini memakai kuesioner sebagai instrument pengambilan data dari ahli isi, ahli media, dan mahasiswa. Hasil riset diperoleh: hasil uji ahli media mendapatkan persentase sebesar 98,66% dengan kualifikasi sangat layak, uji validasi ahli isi mendapatkan presentase sebesar 96,36% dengan kualifikasi sangat layak. Rentang skor kepada 6 orang responden uji kelompok kecil seluruh tercantum dalam klasifikasi sangat tinggi, dan rentang skor untuk 20 orang responden uji kelompok besar seluruh tercantum dalam klasifikasi sangat tinggi. Media Pebelajaran Sistem Kendali lampu dengan handetection berbasis aplikasi pycharm di Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha layak digunakan dalam proses pembelajaran.

 

Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Sistem Kendali Lampu Dengan Handetection.

Referensi

Ana Ratna Wati, D., 2011, Sistem Kendali Cerdas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Asri, M., Zainuddin, Z., & Ilham, A. A. (2011). Pengembangan Sistem Kontrol dan Monitoring Lampu Lalu Lintas. STITEK Dharma Yadi, 10 ( Buku Elektronik )

Effendy, M. (2019). Pengetahuan Dasar Sistem Kendali. Surakarta. Pers University Muhammadiyah (Buku Elektronik)

Enterprise Jubilee, 2018, Pemrograman Data Base dengan Python dan MySQL. Jakarta: PT. Elek Media Komputindo.

Fahrurrozi, M., & Mohzana. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Tinjauan Teoretis dan Praktek (Vol. 51, Issue 1).Insan Institute. (Buku Elektronik)

Fernando, A., Ardiana, D. P. Y., & Mawati, A. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. ( Buku Elektronik )

Gide, A. (2017). Fungsi Media Peraga. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. ( Buku Elektronik )

Kelly, T., Perez, M., & Fernanada. (2020). Media Pembelajaran. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. ( Buku Elektronik )

Ma’arif, S., Supradono, B., & Assaffat, L. (2016). Monitoring Pengaman Bangunan Menggunakan Sensor Gerak Berbasis Mikrokontroller. Media Elektrika, 9(1), 25–34. ( Buku Elektronik )

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2009. “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D)”. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. “Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development”. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Developmen Bandung: Alfabeta.

Wiratama, W. M. P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Quick on The Draw. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 187-197.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-01