PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRACKING SOLAR CELL SYSTEM BERBASIS ARDUINO UNO PADA MATA KULIAH SISTEM KENDALI OTOMATIS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v12i2.66391Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran sub materi Loop Tertutup (Closed Loop) dengan judul Tracking Solar Cell System Berbasis Arduino Uno Pada mata Kuliah Sistem Kendali Otomatis. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif Deskriptif Persentase dengan tahapan R&D (Reasearch and Development). Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengambilan data. Hasil uji ahli isi diperoleh persentase sebesar 96,15% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji ahli media diperoleh persentase sebesar 92,5% dengan kualifikasi sangat layak. Rentang skor untuk 5 orang responden uji kelompok kecil dengan kualifikasi sangat tinggi, dan rentang skor untuk 10 orang responden uji kelompok besar dengan kualifikasi sangat tinggi. Berdasarkan hasil dari pengolahan data yang didapat bahwa media pembelajaran Tracking Solar Cell System Berbasis Arduino Uno layak digunakan dalam proses pembelajaran dan mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik.
Referensi
Adiarta, Agus., & Ratnaya, I Gede. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Refrigerator Pada Prodi Pendidikan teknik Elektro Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 10(3), 180-189.
Arsa, I. P. S., & Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Trainer Media Pembelajaran Sistem Pembangkit Tenaga Surya Pada Mata Kuliah Sistem Pembangkit Listrik di Prodi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 1-12.
Astrawan, G. B., Adiarta, A., & Ratnaya, I. G. (2020). Pengembangan Trainer Sensor Berbasis Arduino Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Mikrokontroler. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 9(3), 223-231.
Fauzi, K. W., Arfianto, T., & Taryana, N. (2018). Perancangan dan Realisasi Solar Tracking System Untuk Peningkatan Efisiensi Panel Surya Menggunakan Arduino Uno. TELKA - Telekomunikasi, Elektronika, Komputasi Dan Kontrol, 4(1), 63–74.
Hakim, Y. Al. (2017). Pengembangan alat peraga Solar tracker Dua Sumbu Untuk Meningkatkan Kreativitas. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 10(1).
Jufri, M., Mokhtar, A., & Astuti, A. D. (2021). Prototype Tracking Solar Sel Sebagai Wahana Edukasi Berbasis Energi Baru Terbarukan Di Taman Rekreasi Sengkaling Universitas. Prosiding SENTRA (4).
Kristianto, Andi. 2016. Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya.
Pracasitaram, I. G. M. S. B., & Ratnaya, I. G. (2022). IOT Based Automatic Counters For Classroom Capacity In The New Normal Era Of Covid-19. Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), 5(2), 182-189.
Ratnaya, G., & Margono, G. (2017, August). The Development of Students' Intrapersonal Instrument of Electrical Engineering Program Vocational Schools in Bali. In 2nd International Conference on Innovative Research Across Disciplines (ICIRAD 2017) (pp. 224-228). Atlantis Press.
Ratnaya, I. G., & Adiarta, A. (2020). Otomatis Berbasis Arduino Di Smkn 1 Sukasada.
Roni, Kiagus Ahmad & Cekmas Cekdin. 2020. Sistem Kendali Proses Industri. Yogyakarta: ANDI.
Saputra, K. R., Arsa, I. P. S., & Ratnaya, I. G. (2020). Pengembangan media pembelajaran pembangkit listrik tenaga surya pada mata kuliah pembangkit listrik di program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 9(3), 193-202.
Saputro, E. H., & Asnawi, R. (2018). Media Pembelajaran Sensor Dan Transduser Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno Pada Mata Pelajaran Sensor Dan Aktuator Untuk Kelas Xi Progam Keahlian Elektronika Industri Di Smk Negeri 1 Nanggulan. E-Journal Universitas Negeri Yogyakarta, 8(5), 404–412.
Sopalauw, S. M. S., Adiarta, A., & Ratnaya, I. G. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Rangkaian Sistem Kontrol Bergantian 4 Motor Secara Otomatis. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 9(1), 10-18
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sumanto dan I Made Seken. 2012. Modul Pengembangan Materi Umum. Malang: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Negeri Malang.
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Wiratama, W. M. P. (2023). KOMPARASI KESTABILAN POSISI PANEL SURYA MENGGUNAKAN PENGENDALI PID (PROPORTIONAL, INTEGRAL DAN DERIVATIVE) DENGAN FLC (FUZZY LOGIC CONTROL). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 14(1).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.