MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KONTROL IRIGASI SAWAH BERBASIS ESP32 PADA MATA KULIAH APLIKASI MIKROKONTROLER
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v12i2.66404Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuat Media Pembelajaran Sistem Kontrol yang diimplementasikan pada sistem Irigasi Sawah Berbasis ESP32 pada Mata Kuliah Aplikasi Mikrokontroler yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran, untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran, serta mengetahui respon yang baik dari peserta didik pada mata kuliah Aplikasi Mikrokontroler. Penelitian ini termasuk model penelitian R&D (Research and Development). Penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner sebagai instrument pengumpulan data oleh ahli isi (materi), ahli media, dan peserta didik atau mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji validasi ahli isi sebesar 92,85% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 93,18% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji kelompok kecil dari 5 orang mahasiswa responden mendapat skor terendah 69 dengan kualifikasi sangat baik, serta persentase 100% dengan hasil kualifikasi sangat tinggi, dan uji coba kelompok besar dari 10 orang responden mendapatkan skor terendah 68 dengan kualifikasi sangat baik, serta mendapatkan persentase 100% dengan hasil kualifikasi sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran Sistem Kontrol Irigasi Sawah Berbasis ESP32 layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Aplikasi Mikrokontroler di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Sistem Kontrol Irigasi, ESP32, Aplikasi Mikrokontroler.
Referensi
Arsa, I. P. S., & Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Trainer Media Pembelajaran Sistem Pembangkit Tenaga Surya Pada Mata Kuliah Sistem Pembangkit Listrik di Prodi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 1-12.
Atmaja, S., Adiarta, A., & Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembagan Media Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Negara. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 68-78.
Diarsanthi, Ni Luh Rosa, I Gede Ratnaya, & Wayan Mahardika P. W. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Pengukuran Teknik Pada Instalasi Rumah Tangga Berbasis Macromedia Flash di Mata Kuliah Pengukuran Teknik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Universitas Pendidikan Ganesha.
Gumelar, Didin Agung, I Gede Ratnaya, & Wayan Mahardika P. W. 2021. Pengembangan Basic Digital Trainer Pada Mata Kuliah Rangkaian Digital di Program Studi Pendidikan Teknik Elekteo Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Universitas Pendidikan Ganesha.
Mahardika, Gede, I Gede Ratnaya, & Wayan Mahardika P. W. 2021. Media Pembelajaran Motor Induksi 1 Phasa Pada Mata Kuliah Praktikum Mesin Listrik di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Universitas Pendidikan Ganesha.
Nurjaya, I Nyoman Ari., Ratnaya, G., & Suka Arsa, P. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Rangkaian PLC Seri dan Pararel pada Praktikum Rangkaian Listrik. Jurnal Resistor Rekayasa Sistem Komputer. Universitas Pendidikan Ganesha.
Parawansa, Gede Yogi Adhi, I Gede Ratnaya, & I Gede Made Surya B. P. 2022. Media Pembelajaran Sistem Pensaklaran Jarak Jauh Berbasis IoT di Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Universitas Pendidikan Ganesha.
Pracasitaram, I Gede Made Surya Bumi, I Gede Ratnaya. 2022. IOT Based Auto,atic Counters For Classroom Capacity In The New Normal Era Of Covid-19. Jurnal Resistor Rekayasa Sistem Komputer. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). 2003. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.