Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Mikrokontroler Penetas Telur Berbasis IoT Pada Mata Kuliah Mikrokontroler

Penulis

  • Komang Ogiprayoga Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Ratnaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Made Surya Bumi Pracasitaram Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v12i2.66414

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat Media Pembelajaran  Aplikasi Mikrokontroler Penetas Telur Berbasis IoT Pada Mata Kuliah Mikrokontroler yang digunakan sebagai penunjang pembelajar pada mata kuliah Mikrokontroler di sub Materi Kontrol Suhu Prodi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.  Penelitian ini dilakukan dengan proses R&D (Reasearch and Development) yang mana penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif deskritif presentase . Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengambilan data ahli isi, ahli media, dan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisa statistik persentase untuk mengolah data ahli isi, ahli media, dan uji coba kepada peserta didik. Hasil penelitian diperoleh: Hasil uji ahli isi diperoleh persentase sebesar 94.23% dengan kualifikasi layak, hasil uji ahli media diperoleh persentase sebesar 92.5% dengan kualifikasi layak. Rentang skor untuk 5 orang responden uji kelompok kecil semua termasuk dalam kualifikasi sangat baik, dan rentang skor untuk 10 orang responden uji kelompok besar semua termasuk dalam kualifikasi sangat baik. Media Pembelajaran  Aplikasi Mikrokontroler Penetas Telur Berbasis IoT Pada Mata Kuliah Mikrokontroler layak digunakan dalam proses pembelajaran di Prodi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha pada mata kuliah Mikrokontroler di sub Materi Kontrol Suhu.

Referensi

Karim, Bisyri Abdul. 2020. “Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis)”. Volume 1, Nomor 2, (halaman 102). Education and Learning Journal.

Koyan, I Wayan. 2012. “Statistik Pendidikan Teknik Analisa Data Kuantitatif”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Mertayasa, G., Arsa, I. P. S., & Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Pada Mata Kuliah Sistem Pembangkit Listrik di Prodi Pendidikan Teknik Elektro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 57-67.

Pracasitaram, I. 2021. “RANCANGAN PEMBELAJARAN SEMESTER APLIKASI MIKROKONTROLLER” (Doctoral dissertation, Universistas Pendidikan Ganesha).

Pracasitaram, I. G. M. S. B. ., & Ratnaya, I. G. (2022). “IOT BASED AUTOMATIC COUNTERS FOR CLASSROOM CAPACITY IN THE NEW NORMAL ERA OF COVID-19”. Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), 5(2), 182-189. Retrieved from https://jurnal.instiki.ac.id/index.php/jurnalresistor/article/view/1228.

Sugiyono. 2009. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D)”. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. “Metode Penelitian & Pengembangan”. Bandung: Alfabeta.

Undiksha. 2017. “Sosialisasi Profile Undiksha - Universitas Pendidikan Ganesha”, Tersedia pada “https://undiksha.ac.id/sosialisasi/” (diakses pada tanggal 4 September 2022).

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-02