Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Kontrol AC Split Jarak Jauh Berbasis IoT Pada Mata Kuliah Sistem Kontrol Otomatis di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v12i2.66419Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuat Media Pembelajaran yang diimplementasikan pada Sistem Kontrol AC Split Jarak Jauh Berbasis IoT yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran pada Mata Kuliah Sistem Kontrol tomatis di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Penelitian ini tercakup dalam kegiatan R&D (Reasearch and Development). Penelitian ini menggunakan teknik analisa statistik persentase untuk mengolah data ahli isi, ahli media, dan uji coba lapangan. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen pengambilan data ahli isi, ahli media, dan peserta didik. Hasil penelitian diperoleh: Hasil uji ahli isi diperoleh persentase sebesar 92.30% dengan kualifikasi layak, hasil uji ahli media diperoleh persentase sebesar 94.44% dengan kualifikasi layak. Hasil uji responden kelompok kecil terdapat nilai terendah yaitu pada responden 4 (R4) dengan skor 69 sudah termasuk klasifikasi sangat baik, dan hasil uji kelompok besar hasil nilai responden terendah yaitu pada responden 8 (A8) dengan skor 44 sudah termasuk klasifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, Media Pembelajaran Sistem Kontrol AC Split Jarak Jauh Berbasis IoT layak digunakan dalam proses pembelajaran di Mata Kuliah Sistem Kontrol Otomatis Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Kontrol AC, IoT, Sistem Kontrol Otomatis.
Referensi
Arikunto, 1996. “Prosedur Penelitian”. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsa, I. P. S., & Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Trainer Media Pembelajaran Sistem Pembangkit Tenaga Surya Pada Mata Kuliah Sistem Pembangkit Listrik di Prodi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 1-12.
Atmaja, S., Adiarta, A., & Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembagan Media Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Negara. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 68-78.
Koyan, I Wayan. 2012. “Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Mertayasa, G., Arsa, I. P. S., & Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Pada Mata Kuliah Sistem Pembangkit Listrik di Prodi Pendidikan Teknik Elektro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 57-67.
Pracasitaram, I. G. M. S. B. ., & Ratnaya, I. G. (2022). IOT Based Automatic Counters For Classroom Capacity In The New Normal Era Of Covid-19. Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), 5(2), 182-189. https://doi.org/10.31598/jurnalresistor.v5i2.1228
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Sugiyono. 2019. “Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development”. Bandung: Alfabeta.
Wirawan, M., & Widjanarko, D. (2020). Pembuatan Alat Peraga AC Split 1 PK Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Sistem Pendingin di Universitas Negeri Semarang. Journal of Mechanical Engineering Learning, 9(1), 58–63.
Yudiana, K. P. T. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER HUKUM OHM DAN HUKUM KIRCHOFF PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Universitas Pendidikan Ganesha.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.