pengembangan media pembelajaran pendekteksi detak jantung dan tensi meter digital portable berbasis arduino di prodi pendidikan teknik elektro

Penulis

  • alfiano balsilio rae universitas pendidikan ganesha
  • Agus Adiarta
  • I Gede Ratnaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v12i3.66421

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu media pembelajaran berupa alat pembelajaran Pendekteksi Detak Jantung dan Tensi Meter Digital Berbasis Arduino Uno pada mata kuliah Perancangan Instalasi Mesin Pendingin di program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian (Analog to Digital Convert dan Motor Driver). Penelitian ini menggunakan teknik analisa statistik persentase untuk mengolah data ahli isi, ahli media, dan uji coba kepada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan kuesoner sebagai instrumen pengambilan data ahli isi, ahli media, dan mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh hasil uji validasi ahli isi sebesar 95,3% dengan kualifikasi sangat layak, uji validasi ahli media sebesar 100% dengan kualifikasi sangat layak, uji coba kelompok kecil dari 5 orang responden mendapatkan hasil kualifikasi sangat layak, dan uji coba kelompok besar 10 orang responden mendapatkan hasil dengan klasifikasi sangat tinggi. Media pembelajaran berupa alat pembelajaran Pendekteksi Detak Jantung dan Tensi Meter Digital Berbasis Arduino Uno pada mata kuliah Mikrokontroler di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha layak digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah Perancangan Mikrokontroler di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.

 

Kata Kunci : Media pembelajaran, pembelajaran, Pendekteksi Detak Jantung dan Tensi Meter Digital Berbasis Arduino Uno, topik Analog to digital convert dan Motor driver.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsa, I. P. S., & Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Trainer Media Pembelajaran Sistem Pembangkit Tenaga Surya Pada Mata Kuliah Sistem Pembangkit Listrik di Prodi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 1-12.

Atmaja, S., Adiarta, A., & Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembagan Media Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Negara. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 68-78.

Bruner, J. S. (1960). The Process of Education. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Fernando, Andrew. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Gramedia: BukuKita.com.

Heinich, Molenda, Russel. (1996). Instructional Media and New Technologies of Instruction, Englewood Cliffs, N.J. : Prentice-Hall.

Kustandi, Cecep., dan Darmawan, Daddy. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Mertayasa, G., Arsa, I. P. S., & Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Pada Mata Kuliah Sistem Pembangkit Listrik di Prodi Pendidikan Teknik Elektro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 57-67.

Parawansa, Gede Yogi Adhi dkk. 2022. Media Pembelajaran Sistem Kendali Pensaklaran Jarak Jauh Berbasis IoT di Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Universitas Pendidikan Ganesha.

Pracasitaram, I Gede Made Surya Bumi, I Gede Ratnaya. 2022. IOT Based Auto,atic Counters For Classroom Capacity In The New Normal Era Of Covid-19. Jurnal Resistor Rekayasa Sistem Komputer. Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wiratama, W. M. P. (2023). KOMPARASI KESTABILAN POSISI PANEL SURYA MENGGUNAKAN PENGENDALI PID (PROPORTIONAL, INTEGRAL DAN DERIVATIVE) DENGAN FLC (FUZZY LOGIC CONTROL). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 14(1).

Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Praktis. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 79-87.

Wiratama, W. M. P., Santiyadnya, N., & Krisnawati, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe QD (Quick on The Draw) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Siswa Kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(3), 137-146.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-03