MEDIA PEMBELAJARAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA DALAM PENGUKURAN ARUS DAN TEGANGAN LISTRIK PADA RANGKAIAN SERI PARALEL

Penulis

  • dita suryadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Suka Arsa
  • Wayan Mahardika Prasetya.

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v12i3.66425

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran pembangkit listrik tenaga surya di prodi pendidikan teknik elektro,universitas pendidikan ganesha yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran sehingga mampu memudahkan pengajar dalam menyampaikan materi yang berkaitan dengan pembangkit listrik tenaga surya. Media pembelajaran yang dibuat ini mengkombinasikan komponen utama pembangkit listrik tenaga surya sehingga memberikan kesempatan peserta didik untuk merangkai pembangkit listrik tenaga surya secara sederhana. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reseach and Development). Hasil data pengukuran tegangan panel berdasarkan intensitas cahya matahari secara seri rata-rata sebesar 20 Vdc pada pagi ,38,1Vdc pada siang hari, dan 37,4 Vdc pada sore hari, sedangka pada rangkaian paralel rata rata sebesar 18,4 Vdc saat pagi, 20,6 Vdc pada siang hari, dan 20 Vdc pada sore hari. Penelitian menggunakan angket kuesioner sebagai acuan dalam pengambilan data yang di isi langsung oleh ahli isi , ahli media dan mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro sebagai responden. Hasil uji validasi ahli isi mendapatkan persentase 95.83 % dengan kualifikasi sangat layak, uji validasi dari ahli media mendapatkan persentase  dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji validasi kelompok kecil dengan 5 mahasiswa sebagai responden memperoleh rata-rata skor terendah 45 dan persentase 100% dengan kategori sangat tinggi, uji validasi kelompok besar dengan 10 mahasiswa sebagai responden memperoleh rata-rata skor terendah 45 dan persentase 100% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji validasi dari ahli dan  mahasiswa, trainer pembangkit listrik tenaga surya layak digunakan dalam menunjang proses pembelajaran di Prodi Pendidikan Teknik Elektro.

Referensi

Chico Hermanu. “Optimasi Efisiensi Panel Photovoltaic Menggunakan Solar Tracker dan Heatsink Cooling. Media Sains Indonesia

Chico Hermanu Brillianto Apribowo. “Buku Ajar Perancangan Pembangkit Energi Baru dan Terbarukan”. Media Sains Indonesia

Jati Arsana. “Perencanaan Prasarana Perkotaan. Deepublish

Kustandi, Cecep. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran”. Jakarta: Kencana.

M. Miftah. (2013). Fungsi Dan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN, 1(9), 1689–1699.

Mertayasa, G., Arsa, I. P. S., & Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Pada Mata Kuliah Sistem Pembangkit Listrik di Prodi Pendidikan Teknik Elektro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 57-67.

Muhammad Hafidz ;, S. S. (2015). Perancangan Dan Analisis Pembangkit Listrik Tenaga Surya Kapasitas 10 Mw on Grid Di Yogyakarta. Jurusan Teknik Elektro, Sekolah Tinggi Teknik PLN, 7(JURNAL ENERGI & KELISTRIKAN VOL. 7 NO. 1, JANUARI-MEI 2015), 49.

Perencanaan dan Pemanfaatan PLTS atap di Indonesia. PLTS Atap, 94.

Radita Arindya. “Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). CV. Mitra Cendekia Media Rachmi, A., Prakoso, B., Hanny Berchmans, Devi Sara, I., & Winne. (2020). Panduan

Saputra, K. R., Arsa, I. P. S., & Ratnaya, I. G. (2020). Pengembangan media pembelajaran pembangkit listrik tenaga surya pada mata kuliah pembangkit listrik di program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 9(3).

Wiratama, W. M. P. (2023). KOMPARASI KESTABILAN POSISI PANEL SURYA MENGGUNAKAN PENGENDALI PID (PROPORTIONAL, INTEGRAL DAN DERIVATIVE) DENGAN FLC (FUZZY LOGIC CONTROL). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 14(1).

Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Praktis. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 79-87.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-03