Pengembangan Media Pembelajaran Pendeteksi Dan Pengaman Kebocoran Gas LPG Berbasis IoT Pada Mata Kuliah Sistem Kontrol Otomatis

Penulis

  • Maulana Ramadhan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Ratnaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Made Surya Bumi Pracasitaram Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v12i3.66480

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu media pembelajaran sub materi loop
terutup dengan judul pendeteksi dan pengaman kebocoran gas berbasis IoT pada
mata kuliah sistem kontrol otomatis di program studi S1 Pendidikan Teknik
Elektro Undiksha. Penelitian ada dalam kegiatan R&D (reasearch and
development). Penelitian ini menggunakan teknik analisa statistik persentase untuk
mengolah data ahli isi, ahli media, dan uji coba peserta didik. Penelitian ini
menggunakan angket sebagai instrumen pengambilan data ahli isi, ahli media, dan
peserta didik. Hasil penelitian diperoleh hasil uji validasi ahli isi sebesar 94,23%
dengan kualifikasi sangat layak, uji validasi ahli media sebesar 96,25% dengan
kualifikasi sangat layak, uji coba kelompok kecil dari 5 orang responden
mendapatkan skor terendah 56 dengan kategori sangat baik, dan uji coba kelompok
besar 10 orang responden mendapatkan skor terendah 57 dengan kategori sangat
baik. Media pembelajaran berupa media pembelajaran pendeteksi dan pengaman
kebocoran gas lpg berbasis IoT pada mata kuliah sistem kontrol otomatis di
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha layak digunakan dalam
proses pembelajaran mata kuliah sistem kontrol otomatis di Program Studi S1
Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.

Referensi

Arsa, I. P. S., & Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Trainer Media Pembelajaran Sistem Pembangkit Tenaga Surya Pada Mata Kuliah Sistem Pembangkit Listrik di Prodi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 1-12.

Antero., G., & Haryudo, S. I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 05(02), 601-607.

Agus Adiarta, S. T. (2021). Dasar-Dasar Instalasi-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.

BP, G. A. A., & Haryudo, S. I. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(2).

Cecep Kustandi, M. P., & Dr. Daddy Darmawan, M. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=cCTyDwAAQBAJ

Faizal. (2010). Definisi Media dan Alat Peraga Pendidikan. Wordpress. https://mediaperaga.wordpress.com/2013/02/24/definisi-media-dan-alat- peraga-pendidikan/

Gargita, I. N. W. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LISTRIK PORTABLE BERBASIS AUTOMATIC CONTROL PADA MATA KULIAH DASAR-DASAR INSTALASI LISTRIK DI PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNDIKSHA.

Jacka, B. (1985). The teaching of defined concepts: A test of Gagne and Briggs’ model of instructional design. The Journal of Educational Research, 78(4), 224–227.

Kusno Suryadi, S. T. M. T. A. S. S. P. M. T. (2022). MEKATRONIKA KONTROL, PNEUMATIK, DAN KINEMATIK ROBOT. CV Literasi

Setiawan, K., & Joko. (2016). Pengembangan Dan Penelitian Media Pembelajaran Interaktif Dilengkapi Software Prezi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI TIPTL SMK Negeri 1 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 05(01), 45-52.

Suda, K. R. S., Santiyadnya, N., & Ratnaya, I. G. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Instalasi Penerangan Listrik Inbow Portable Pada Mata Kuliah Dasar-dasar Instalasi Listrik di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 9(1), 48–55.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Tegeh Made Dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wicaksana, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Instalasi Penerangan Listrik Rumah Sederhana Di SMKN 1 Darul Kamal. Https://Medium.Com/. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Yaumi, M. (2018). Media dan teknologi pembelajaran. Prenada Media.

Yudiana, K. P. T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Hukum Ohm Dan Hukum Kirchoff Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Di SMK Negeri 3 Singaraja. 1–13.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-03