Pengembangan Media Pembelajaran Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) Berbasis QR Code Untuk Menunjang Perkuliahan K3 Di Prodi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Pendidikan Ganesha

Penulis

  • Made Darmawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Agus Adiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Made Surya Bumi Pracasitaram Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v12i3.66492

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan suatu media pembelajaran berupa Alat Peraga Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) Berbasis QR Code Pada Mata Kuliah Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian R&D (reasearch and development). Penelitian ini menggunakan teknik analisa statistik persentase untuk mengolah data ahli isi, ahli media, dan uji coba kepada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengambilan data ahli isi, ahlimedia, dan mahasiswa. Hasil penelitian hasil uji validasi ahli isi diperoleh 95.4% dengan kualifikasi sangat layak, uji validasi ahli media diperoleh 95,5% dengan kualifikasi sangat layak, uji coba kelompok kecil dari 5 orang responden diperoleh dengan kualifikasi sangat tinggi, dan uji coba kelompok besar dari 15 orang responden mendapatkan hasil dengan kualifikasi sangat tinggi. Media pembelajaran berupa Alat Peraga Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) Berbasis QR Code digunakan dalam proses pembelajaran untuk mata Kuliah Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.

Referensi

Atmaja, S., Adiarta, A., & Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembagan Media Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Negara. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 68-78.

Bachtiar, E., Mahyuddin, M., Nur, N. K., Tumpu, M., Rosyidah, M., Setiawan, A. M., Erdawaty, E., Yanti, Y., & Ihsan, M. (2021). Manajemen K3 Konstruksi. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=lDUqEAAAQBAJ

Basuki, Y. R. (n.d.). DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN + K3. Azhar Publisher. https://books.google.co.id/books?id=9mpCEAAAQBAJ

Doringin, F., Tarigan, N. M., & Prihanto, J. N. (2020). Eksistensi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Teknologi Industri Dan Rekayasa (JTIR), 1(1), 43–48. https://doi.org/10.53091/jtir.v1i1.17

Drs. Irzal, M. K. (2016). Dasar-Dasar Kesehatan dan Keselamatan Kerja: Edisi 1. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=D-VNDwAAQBAJ

Dr. Yoto, S. T. M. P., Drs. Abdul Qolik, M. P., Marsono, S. P. T. M. P., Prof. Dr. Ir. Djoko Kustono, M. P., & Drs. Solichin, S. T. M. K. (2021). MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) BAGI TENAGA KERJA BIDANG PENGELASAN: Occupational Safety and Health Management of Welders. Media Nusa Creative (MNC Publishing). https://books.google.co.id/books?id=cHNMEAAAQBAJ

Faizal. (2010). Definisi Media dan Alat Peraga Pendidikan. Wordpress. https://mediaperaga.wordpress.com/2013/02/24/definisi-media-dan-alatperaga-pendidikan

Group, Y. P. R. (2020). Produksi Alat Pelindung Diri K3. YPR Group. https://books.google.co.id/books?id=eLPZDwAAQBAJ

Ismara, K. I., Nuha, U., Ruyanah, I., & Zulharmain, D. (2022). ZEROSICKS: Keselamatan dan Kesehatan Kerja & Lingkungan Pertambangan Berteknologi Augmented Reality. CV. Bintang Semesta Media. https://books.google.co.id/books?id=dsixEAAAQBAJ

Jalinus, N., & Ambiyar. 2016. Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Krisvin, D. H. (2014). Implementasi Program Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Kepada Tenaga Kerja Bongkar Muat yang Berada di Koperasi Samudra Sejahtera (KOMURA) Pelabuhan Samarinda. EJournal Ilmu Pemerintahan, 1(6), 1742–1752.

Kusuma, A., & Devella, S. (2022). Pengenalan Penggunaan Helm Proyek Berstandar Pada Citra Foto Berdasarkan SIFT Dengan SVM. 3(2).

Nasrullah, H. (2018). Pembuatan dan Pengujian Media Pembelajaran K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Berbasis Android. Automotive Experiences, 1(02), 53–57.

Pakpahan, Andrew Fernando dkk. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran”, Medan: Yayasan Kita Menulis.

Mertayasa, G., Arsa, I. P. S., & Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Pada Mata Kuliah Sistem Pembangkit Listrik di Prodi Pendidikan Teknik Elektro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 57-67.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-03