Pengembangan Media Pembelajaran Software Multimedia (Audacity Dan Wondershare Filmora) Berbasis Learning Management System Pada Mata Kuliah Audio Video Editing

Penulis

  • Riko Hutomo Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dr. Nyoman Santiyadnya, S.Si., M.T.
  • Dr. I Putu Suka Arsa, S.T., M.T.

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v13i1.68689

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran Software multimedia (audacity dan wondershare filmora) dengan menggunakan learning management system, mengetahui kelayakan serta mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran software multimedia (audacity dan wondershare filmora) dengan menggunakan learning management system pada mata kuliah audio video editing. penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode angket/kuesioner yang dinilai oleh ahli isi, ahli media, dan mahasiswa aktif prodi pendidikan teknik elektro Undiksha. hasil penelitian diperoleh: hasil uji validasi ahli isi mendapatkan persentase 88,46% termasuk kualifikasi sangat layak, hasil uji validasi ahli media mendapatkan persentase 92% Termasuk kualifikasi sangat layak, hasil skor uji coba kelompok kecil dengan 5 responden semuanya termasuk kualifikasi sangat baik, dan hasil rentang skor uji kelompok besar dengan 15 responden semuanya termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan Software multimedia (audacity dan wondershare filmora) dengan menggunakan learning management system pada mata kuliah audio video editing layak digunakan pada proses pembelajaran audio video editing.

Referensi

Antara, A. P., Santiyadnya, N., & Wiratama, W. M. P. (2023). PENGEMBANGAN SISTEM PENYORTIR BAWANG OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH SISTEM KONTROL OTOMATIS DI UNDIKSHA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(2), 135-145.

Arif, H. M., Suhirman, L., Karuru, P., Mawene, A., Supriyadi, A., Junaidin, M. P., ... & Prastawa, S. (2024). KONSEP DASAR TEORI PEMBELAJARAN. Cendikia Mulia Mandiri.

Arsa, I. P. S., & Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis e Modul Instalasi Penerangan Listrik dan Tata Cahaya Untuk Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(3), 312-321.

Batubara, H. H. (2020). Media pembelajaran efektif. Semarang: Fatawa Publishing, 3.

Cholily, Y. M., Putri, W. T., & Kusgiarohmah, P. A. (2019). Pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Seminar & Conference Proceedings of UMT.

Ratnaya, I. G., & Wiratama, W. M. P. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI PEMBELAJARAN REFRIGERATOR BERBASIS ANDROID PADA MATA KULIAH PERANCANGAN INSTALASI MESIN PENDINGIN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI PEMBELAJARAN REFRIGERATOR BERBASIS ANDROID PADA MATA KULIAH PERANCANGAN INSTALASI MESIN PENDINGIN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 11(2), 105-111.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D), Bandung: Alfabeta . (sumber: http://repo.iain tulungagung.ac.id/8443/6/BAB%20III.pdf)

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suyasa, S. S. N. B. A., Santiyadnya, N., & Wiratama, W. M. P. (2023). Media Pembelajaran Instalasi Listrik Rumah Tinggal Berbasis Pengendali Wireless. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(2), 114-122.

Wiryanatha, Y. K. Y., Santiyadnya, N., & Wiratama, W. M. P. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER PENGAMAN ARUS BOCOR PADA INSTALASI LISTRIK RUMAH TINGGAL DI MATA KULIAH SISTEM PENGAMAN TENAGA LISTRIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(2), 123-134.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-01