Pengembangan E-modul Pembelajaran Analisis Aliran Daya dengan Software ETAP pada Mata Kuliah Analisa Sistem Tenaga

Penulis

  • Aprilia Intan Sani Undiksha
  • Agus Adiarta
  • I Gede Surya Bumi Pracasitaram

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v13i1.69148

Abstrak

Kajian yang akan dibahas merupakan sebuah pengembangan dalam menghasilkan media pembelajaran digital, berupa e-modul yang efektif dengan materi bahasan Analisis Aliran Daya pada mata perkuliahan Analisa Sistem Tenaga di program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro. Cara pengolahan data nantinya yang akan menggunakan diantaranya yaitu, memanfaatkan evaluasi statistik yang nantinya menghasilkan nilai dalam bentuk persentase baik dari evaluasi pakar isi atau materi, evaluasi pakar media, dan menggunakan kuesioner untuk uji coba kepada mahasiswa. Sehingga nilai yang akan diperoleh dari uji validasi oleh ahli isi dalam bentuk persentase dengan nilai 97,5% dengan rentang kualifikasi berada pada rentang sangat layak, sementara nilai yang diperoleh pada saat uji validasi oleh pakar media dalam bentuk persentase dengan nilai 97,5% dengan kualifikasi yang sangat layak. Perolehan dari pengujian terhadap kelompok kecil yang menyangkut 5 orang mahasiswa, serta dilanjutkan pengujian kepada kelompok besar yang menyangkut 15 orang responden mahasiswa mendapat skor pada rentang kategori sangat setuju. Dari pemaparan itu, dapat disimpulkan media pembelajaran yang dibuat berupa E-Modul Analisis Aliran Daya ini layak dipergunakan pada saat kegiatan belajar mengajar pada mata kuliah Analisa Sistem Tenaga di program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Pendidikan Ganesha.

Referensi

Arif, H. M., Suhirman, L., Karuru, P., Mawene, A., Supriyadi, A., Junaidin, M. P., ... & Prastawa, S. (2024). KONSEP DASAR TEORI PEMBELAJARAN. Cendikia Mulia Mandiri.

Arsa, I. P. S., & Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis e Modul Instalasi Penerangan Listrik dan Tata Cahaya Untuk Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(3), 312-321.

M. Makbul. Juni 2021. Metode Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian. Makassar.

Moh. Arif Hidayat--- Hidayat, Moh. Arif (2022) Pengembangan modul ETAP 16.0.0 untuk mata kuliah analisis sistem tenaga dalam peningkatan keterampilan praktikum mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Malang: Repository Universitas Negeri Malang.

Omazaki Group. 2022. Arc Flash Definisi, Bahaya dan Resikonya. Diakses 7 September 2022.

Ramli, Indriasari. 2017. Pengembangan bahan ajar sitem distribusi dan transmisi berbasis simulasi pada mata kuliah sitem distribusi dan transmisi Jrusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Malang: Repository Universitas Negeri Malang.

Sofiana, Ana. 2016. Pengembangan modul pembelajaran proteksi generator berbasis simulasi pada matakuliah sistem proteksi untuk program studi pendidikan teknik elektro di Universitas Negeri Malang. Malang: Repository Universitas Negeri Malang.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D), Bandung: Alfabeta diakses tanggal 4 Mei 2023.

Suyasa, S. S. N. B. A., Santiyadnya, N., & Wiratama, W. M. P. (2023). Media Pembelajaran Instalasi Listrik Rumah Tinggal Berbasis Pengendali Wireless. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(2), 114-122.

Yunantara, K. O., Pracasitaram, I. G. M. S. B., & Wiratama, W. M. P. (2022). Media Pembelajaran Sistem Kendali Lampu Dengan Handdetection Berbasis Aplikasi Pycharm Pada Mata Kuliah Sistem Kendali. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 11(3), 149-158.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-01