Kontribusi Kemampuan Matematika Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dalam Elemen Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Di Smk Negeri 3 Singaraja

Penulis

  • I Kadek Adi Suta Adnyana Kadek Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
  • I Gede Ratnaya Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
  • Wayan Mahardika Prasetya Wiratama Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v13i2.82541

Abstrak

Penlitian ini dilaksanakan bertujuan agar mendapatkan hasil lebih dalam bagaimana kemampuan matematika dan prestasi belajar berkontribusi dalam prestasi belajar siswa pada elemen mata pelajaran instalasi tenaga listrik di SMK Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2023 hingga Februari 2024 di SMK Negeri 3 Singaraja, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Ex Post Facto. Sampel berjumlah 70 responden yang dipilih secara acak berdasarkan rumus Yamane. Data didapatkan dengan hasil yang didapatkan dari angket dan tes pilihan ganda. Hipotesis penelitian diujikan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan matematika dan motivasi belajar bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 21% terhadap prestasi belajar pada elemen mata pelajaran tenaga listrik, dengan nilai F sebesar 8,692. Secara spesifik, kemampuan matematika memberikan kontribusi sebesar 11%, sedangkan motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 10%

Referensi

Adiputra, S., & Mujiyati, M. (2017). Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa di Indonesia: Kajian Meta-Analisis. Konselor, 6(4), 150. https://Doi.Org/10.24036/02017648171-0-00.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V4i1.14958.

Diguna, I. W. A., & Gading, I. K. (2022). Dampak Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Mimbar Pgsd Undiksha, 10(3), 525–532. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V10i3.52099

Fisika, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2016). Regresi Linier Sederhana Disusun Oleh: I Made Yuliara.

Kamaluddin, M. (N.D.). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dan Strategi Untuk Meningkatkannya.

Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Dikirim: Februari, 3(1), 76–84. http://Journal.Uinsgd.Ac.Id/Index.Php/Analisa/Index.

Mardiatmoko, G.-. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://Doi.Org/10.30598/Barekengvol14iss3pp333-342.

Merdekawati, K. (2013). Pengaruh Kemampuan Matematik Terhadap Prestasi Belajar Kimia. In Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan (Vol. 2, Issue 1).

Mts, M. M., Tungkob, N., Kabupaten, D., & Besar, A. (2016). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. In Lantanida Journal (Vol. 4, Issue 2).

Muthoharoh, S., Kusmanto, B., Sarjanawiyata, U., & Yogyakarta, T. (2015). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Quick On The Draw Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik A Smk Negeri 1 Sedayu. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 3, Issue 3).

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika.

Nur Wulandari, E., Subekti, M., Teknik Elektro, P., Teknik, F., & Negeri Jakarta, U. (N.D.). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas Xi Smkn 34 Jakarta.

Nurlia, S., Nurrahmah, A., & Rosa, N. M. (2021). Peran Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Xi Smk Al- Khairiyah 2. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. In Copyright: Nurlia.

Wiratama, W. M. P. (2023). KOMPARASI KESTABILAN POSISI PANEL SURYA MENGGUNAKAN PENGENDALI PID (PROPORTIONAL, INTEGRAL DAN DERIVATIVE) DENGAN FLC (FUZZY LOGIC CONTROL). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 14(1), 77-88.

Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, J., Praja Setiawan, M. S., Suka Arsa, I. P., & Indrawan, G. (2017a). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Kinerja Siswa Dalam Praktikum Instalasi Tenaga Listrik Di Kelas Xi Tiptl Smk N 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(2).

J., Praja Setiawan, M. S., Suka Arsa, I. P., & Indrawan, G. (2017b). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Kinerja Siswa Dalam Praktikum Instalasi Tenaga Listrik Di Kelas Xi Tiptl Smk N 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(2).

Prasetyono, H. (2020). Peningkatan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Di Smk Walisongo Jakarta). Research And Development Journal of Education, 1(1), 49. Https://Doi.Org/10.30998/Rdje.V1i1.7353.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-02