KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI PENERANGAN LISTRIK SISWA SMK NEGERI 3 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v13i2.82552Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kontribusi motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar instalasi penerangan listrik siswa SMK Negeri 3 Singara, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto dengan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuuesioner, dan dokumentasi, yang di analisis menggunakan analisis regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 dan X11 jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listri SMK Negeri 3 Singaraja, teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling sebanyak 58 responden, berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa (1) Pengujian hipotesis Pertama menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar instalasi penerangan listrik siswa kelas XI dan XII SMK Negeri 3 Singaraja (2) Pengujian hipotesis kedua menunjukan bahwa disiplin belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik (3) Disiplin belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar sehingga tidak dilakukan pengujian korelasi ganda.
Referensi
Fiktoyana, p arsa, a adiarta. (2018). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar dasar dan pengukuran listrik siswa kelas X-TIPTL 3, SMKN 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(3), 90–101. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/20858.
Wiratama, W. M. P. (2023). KOMPARASI KESTABILAN POSISI PANEL SURYA MENGGUNAKAN PENGENDALI PID (PROPORTIONAL, INTEGRAL DAN DERIVATIVE) DENGAN FLC (FUZZY LOGIC CONTROL). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 14(1), 77-88.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Diponegoro.
Wiratama, W. M. P. (2020). Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif quick on the draw. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 187-197.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariative Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Universitas Diponegoro.
Wiratama, W. M. P. (2019). Handout sebagai perangkat pembelajaran praktis. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 42(2), 158-169.
Putri, E. (2014). MOTIVASI KERJA GURU DALAM PELAKSANAAN TUGAS MENGAJAR DI SMK NEGERI KOTA BUKITTINGGI. 2, 210–219.
Wiratama, W. M. P. (2018). Pengembangan perangkat dalam pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw pada Program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Singaraja.
Yasin, F. (2011). Penumbuhan Kedisiplinan Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Madrasah. El Hikmah Fakultas Tarbiyah UIN Maliki Malang, IX(1), 123–138.
WIDAYATI, A. (2004). METODE MENGAJAR SEBAGAI STRATEGI DALAM MENCAPAI TUJUAN BELAJAR MENGAJAR. CWL Publishing Enterprises, Inc., Madison, 2004(May), 352. http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/cbdv.200490137/abstract.
Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Praktis. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 79-87.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.