Pengembangan Trainer Papan Hubung Bagi Portable Dengan Sistem Direct on Line, Interlock dan Star-Delta Pada Mata Kuliah Papan Hubung Bagi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v13i3.83414Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengambangkan dan membuat media pembelajaran dalam bentuk Trainer Papan Hubung Bagi Portable Dengan Sistem Direct On Line, Interlock, Dan Star-Delta untuk mahasiswa pada mata kuliah Papan Hubung Bagi, Agar peneliti mengetahui tingkat kelayakan media trainer Papan Hubung Bagi Portable Dengan Sistem Direct On Line, Interlock, Dan Star-Delta untuk mahasiswa agar dapat menunjang proses belajar mengajar pada mata kuliah Papan Hubung Bagi, dan juga agar dapat mengetahui bagaimana respon dari mahasiswa terhadap media trainer Papan Hubung Bagi Portable Dengan Sistem Direct On Line, Interlock, Dan Star-Delta. Penelitian ini, termasuk model penelitian R & D (Research and Development) dengan 11 tahapan di dalamnya. Data-data pada penelitian ini diperoleh dari data ahli isi, ahli media, dengan menggunakan angket atau kuesioner yang memuat pernyataan-pernyataan sebagai intrumennya dan dianalisis dengan metode analisa data statistik deskriptif persentase. Penelitian menggunakan angket atau kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data oleh ahli isi (materi) dan ahli media. Hasil uji validasi ahli isi dengan skor 88,46 % dengan klasifikasi sangat layak, uji validasi ahli media dengan skor 75% dengan klasifikasi layak.
Referensi
Adiarta, Agus. 2017. “Dasar-dasar Instalasi”. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.
Agusalim, Utami. 2017. “3.4 Sistem Pengendalian Motor”. Tersedia pada https://docplayer.info/51882786-4-3-sistem-pengendalian-motor.html
Arif, H. M., Suhirman, L., Karuru, P., Mawene, A., Supriyadi, A., Junaidin, M. P., ... & Prastawa, S. (2024). Konsep Dasar Teori Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.
DosenPendidikan. 2014. “Panel Listrik”. Tersedia pada https://www.dosenpendidikan.co.id/panel-listrik/ (diakses pada juni 2020) Budiansyah, Ajat Didik. 2019. “Macam saklar elektromekanik”. Tersedia pada https://ajat.xyz/2019/09/04/macam-saklar-elektromekanik/
Wiratama, W. M. P. (2023). KOMPARASI KESTABILAN POSISI PANEL SURYA MENGGUNAKAN PENGENDALI PID (PROPORTIONAL, INTEGRAL DAN DERIVATIVE) DENGAN FLC (FUZZY LOGIC CONTROL). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 14(1), 77-88.
Herminegari. 2013. “Fungsi Dan Manfaat Media Pembelajaran”. Tersedia pada https://herminegari.wordpress.com/perkuliahan/fungsi-dan-manfaat- mediapembelajaran/
Mar’atusholihah, H., Priyanto, W., Damayani, A. T., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Pendidikan, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. Mimbar PGSD Undiksha, Vol: 7 No:, 256.
Iimmelina. 2010. “Hipotesis”. Tersedia pada https://iimmelina. wordpress.com/
Khairunisa, Dani. 2012. “Ciri-ciri Media Pembelajaran”. Tersedia pada https: //danikhairunisah. wordpress.com/2012/09 /21/ciri-ciri -media pembelajaran/
Wiratama, W. M. P. (2019). Handout sebagai perangkat pembelajaran praktis. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 42(2), 158-169.
Nababan, L. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Motivasi belajar PAK siswa kelas X. Areopagus : Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen, 18(1), 48–58. https://doi.org/10.46965/ja.v18i1.43
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisa Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press
Kuswardana, Aditya. 2016. “Tugas Akhir Analisis Sistem Motor”. Tersedia pada
https://lib.unnes.ac.id/27723/1/5211311002.pdf
Wiratama, W. M. P. (2020). Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif quick on the draw. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 187-197.
Ramadhan, Emil. 2019. “Penerapan Trainer Simulasi Motor Induksi 3 Fasa Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Di SMKN 4 Bandung”. Tersedia pada http://repository.upi.edu/35421/
Putra, I. G. L. A. R., & Wiratama, W. M. P. (2024, December). Pengembangan Aplikasi Tatapurwa: Inovasi Digital Kerajinan Lukisan Wayang Kamasan Berbasis Augmented Reality. In Seminar Nasional Riset Inovatif (Vol. 9).
Wiratama, W. M. P. (2018). Pengembangan perangkat dalam pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw pada Program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Singaraja.
Sugiyono. 2019. “Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung: Alfabeta
Susanto, Widyawati Yuliani. “Bab II Landasan Teori”. Tersedia pada http://digilib.polban.ac.id/files/disk1/74/jbptppolban-gdlripanepend-3668- 3-bab2--2.pdf
Susanto, Widyawati Yuliani. “Bab II Landasan Teori”. Tersedia pada http://digilib.polban.ac.id/files/disk1/74/jbptppolban-gdlripanepend-3668- 3-bab2--2.pdf
Syamsurijal, Udin Sidik Sidin. 2019. “Pengembangan Trainer Pengontrolan Motor Listrik 3 Phasa Pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar”. Tersedia pada http://ocs. unm.ac.id/ft/semnasft 2019/paper/viewFile/98/30
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.