PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGUKUR TINGGI DAN BERAT BADAN BERBASIS IOT PADA MATA KULIAH SENSOR DAN TRANDUSER

Penulis

  • I Gede Aditya Sahaditama Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Made Surya Bumi Pracasitaram Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Santiyadnya Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v13i3.83437

Abstrak

Maksud dari penelitian ini adalah untuk membuat Media Pembelajaran Pengukur Tinggi dan Berat Badan Berbasis Internet of Things (IoT) untuk membantu pembelajaran siswa dalam mata kuliah Sensor dan Tranduser. (Reasearch and Development/RnD) adalah jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini. Untuk mengolah data ahli isi, ahli media, dan mahasiswa dalam uji coba lapangan, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa statistic persentase. Angket digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan data ahli isi, ahli media, dan mahasiswa. Hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut: uji ahli isi mendapatkan persentase sebesar 96,25% dengan kualifikasi sangat layak; uji ahli media mendapatkan persentase sebesar 95% dengan kualifikasi sangat layak. Hasil uji yang dilakukan pada responden kelompok kecil menunjukkan bahwa responden 1 (R1) dengan skor terendah yaitu 65 tetapi telah termasuk dalam klasifikasi sangat baik, sedangkan hasil uji yang dilakukan pada responden kelompok besar menunjukkan bahwa responden 2 (R2) dengan skor terendah yaitu 60 tetapi telah termasuk dalam klasifikasi baik. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa Media Pembelajaran Pengukur Tinggi dan Berat Badan Berbasis IoT yang dibuat layak digunakan dalam proses pembelajaran pada Mata Kuliah Sensor dan Tranduser.

Referensi

Adiarta, A. (2022). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. PT. RajaGrafindo Persada.

Agus, W., Manuhara, R., Adiarta, A., Gede, I., Surya, M., Pracasitaram, B., & Kunci, K. (2023). Media Pembelajaran Monitoring Infus Berbasis Internet Of Thing Pada Mata Kuliah Aplikasi Mikrokontroler. 12(3), 282–292. https://doi.org/10.23887

Arikunto, 1996. “Prosedur Penelitian”. Jakarta: Rineka Cipta.

Arif, H. M., Suhirman, L., Karuru, P., Mawene, A., Supriyadi, A., Junaidin, M. P., ... & Prastawa, S. (2024). Konsep Dasar Teori Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.

Diarsanthi, N. L. R., Ratnaya, I. G., & Wiratama, W. M. P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pengukuran Teknik Pada Instalasi Rumah Tangga Berbasis Macromedia Flash Di Mata Kuliah Pengukuran Teknik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 11(3), 124–131.

Wiratama, W. M. P. (2023). KOMPARASI KESTABILAN POSISI PANEL SURYA MENGGUNAKAN PENGENDALI PID (PROPORTIONAL, INTEGRAL DAN DERIVATIVE) DENGAN FLC (FUZZY LOGIC CONTROL). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 14(1), 77-88.

Gargita, W., Adiarta, A., & Pracasitaram, S. B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Instalasi Listrik Portable Berbasis Automatic Control Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Instalasi Listrik Di Program Studi S1. 12(1), 2599–1493. https://doi.org/10.23887

Koyan, I Wayan. 2012. “Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Kresna, G. P., Adiarta, A., Gede, I., Surya, M., & Pracasitaram, B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Doorlock Berbasis Camera Pada Matakuliah Aplikasi Mikrokontroler. 12(2), 2599–1493. https://doi.org/10.23887

Wiratama, W. M. P. (2019). Handout sebagai perangkat pembelajaran praktis. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 42(2), 158-169.

Mahardika, G. G., Ratnaya, I. G., & ... (2021). Media Pembelajaran Motor Induksi 1 Phasa Pada Mata Kuliah Praktikum Mesin Listrik Di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurnal Pendidikan …, 10(2), 91–103. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/36935%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/download/36935/24553

Pracasitaram, I Gede Made Surya Bumi. (2024). LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) . PT. Sonpedia Penerbitan Indonesia.

Pracasitaram, I. G. M. S. B. ., & Ratnaya, I. G. (2022). IOT Based Automatic Counters For Classroom Capacity In The New Normal Era Of Covid-19. Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), 5(2), 182-189. https://doi.org/10.31598/jurnalresistor.v5i2.1228

Sudibyo, M. I., Fitriyah, H., & Maulana, R. (2019). Alat Pengukur Berat Badan dan Tinggi Badan Terkomputerisasi berbasis Wireless, Arduino, Sensor Load Cell, dan Ultrasonik. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(9), 8351–8360. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6142

Putra, I. G. L. A. R., & Wiratama, W. M. P. (2024, December). Pengembangan Aplikasi Tatapurwa: Inovasi Digital Kerajinan Lukisan Wayang Kamasan Berbasis Augmented Reality. In Seminar Nasional Riset Inovatif (Vol. 9).

Wiratama, W. M. P. (2019). Handout sebagai perangkat pembelajaran praktis. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 42(2), 158-169.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, A., Mesnan, M., & Haloho, J. M. N. (2022). Pengembangan Alat Tes dan Pengukuran Tinggi dan Berat Badan Berbasis Android. Jurnal Prestasi, 6(2), 48. https://doi.org/10.24114/jp.v6i2.42577

Wiratama, W. M. P. (2020). Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif quick on the draw. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 187-197.

Uswatun Hasanah. (2022). Peran Pengembangan Dan Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar. TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666, 3(1), 6–9. https://doi.org/10.36312/teacher.v3i1.1055

Wiratama, W. M. P. (2018). Pengembangan perangkat dalam pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw pada Program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Singaraja.

Wirawan, M., & Widjanarko, D. (2020). Pembuatan Alat Peraga AC Split 1 PK Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Sistem Pendingin di Universitas Negeri Semarang. Journal of Mechanical Engineering Learning, 9(1), 58–63.

Yudiana, K. P. T., Arsa, I. P. S., & Prasetya, W. Ma. (2021). Media Pembelajaran Trainer Hukum OHM dan Hukum Kirchoff pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika DI SMK Negeri 3 Singaraja. Pendidikan Teknik Elektro, 10(2), 79–90.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-03