Trainer Programmable Logic Controller (PLC) Siemens Logo! Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Sistem Kendali Otomatis di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha

Penulis

  • I Nyoman Puja Astawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Agus Adiarta
  • I Gede Ratnaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v13i3.83496

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat Trainer Programmable Logic Controller (PLC) dengan menggunakan PLC Siemens Logo! dan diimplementasikan pada mata kuliah Sistem Kendali Otomatis untuk membantu proses pembelajaran di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Reasearch and Development). Penelitian ini menggunakan teknik analisa statistik deskriptif persentase untuk mengolah data ahli isi, ahli media, dan uji coba lapangan. Penelitian ini menggunakan angket/kuisioner sebagai instrumen dalam pengambilan data ahli isi, ahli media, dan peserta didik. Hasil penelitian diperoleh: Hasil uji ahli isi diperoleh persentase sebesar 93,18% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji ahli media diperoleh persentase sebesar 97,36% dengan kualifikasi sangat layak. Hasil uji coba kelompok kecil dengan 5 responden diperoleh persentase sebesar 100% dengan kategori sangat baik, dan hasil uji coba kelompok besar dengan 13 responden memperoleh persentase sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, Trainer Programmable Logic Controller (PLC) Siemens Logo! Sebagai Media Pembelajaran layak digunakan dalam proses pembelajaran  pada Mata Kuliah Sistem Kendali Otomatis di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.

Referensi

Adiarta, Agus. (2017). Dasar-Dasar Instalasi.Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Arindya, Radita. 2013. Penggunaan dan Pengaturan Motor Listrik. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Arsyad, Ashar.2011.Media Pembelajaran.Jakarta:Rajafindo Persada

Asyar,Rayandra.2012.Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran.Jakarta:Refrensi

Arif, H. M., Suhirman, L., Karuru, P., Mawene, A., Supriyadi, A., Junaidin, M. P., ... & Prastawa, S. (2024). Konsep Dasar Teori Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.

Sadiman, Arief. 2005. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sugiyono,2019.Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi R & D dan Penelitian Pendidikan), Bandung :Alfabeta.

Sudirman Bruno. Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan, Volume 11, Nomor 1 (hlm. 32-39).

Agung,Dwi Panca Sakti. 2018. Pembuatan dan Pemanfaatan Alat Trainer Instalasi KendaliMotor Listrik Berbasis Programmble Logic Control (PLC ) Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Praktik Dasar Sistem Kontrol Di Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Wiratama, W. M. P. (2020). Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif quick on the draw. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 187-197.

Alit, Ketut Agus Sanjaya Dewa. 2018. Penggembangan Trainer Panel Kontrol

Listrik Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata PelajaranInstalasi Motor Listrik Kelas XI TIPTL Di SMK Negeri 3 Singaraja. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.

Wiratama, W. M. P. (2023). KOMPARASI KESTABILAN POSISI PANEL SURYA MENGGUNAKAN PENGENDALI PID (PROPORTIONAL, INTEGRAL DAN DERIVATIVE) DENGAN FLC (FUZZY LOGIC CONTROL). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 14(1), 77-88.

Danu, Made Dhira Wigun. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Pengendali Elektromagnetik Berbasis Smart Relay Pada Instalasi Listrik. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Teknik dan Kejuruan, Pendidikan Ganesha, Singaraja.

Wiratama, W. M. P. (2019). Handout sebagai perangkat pembelajaran praktis. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 42(2), 158-169.

Ika Pratama,Komang. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Trainer

Ekektromagnetik Pada Instalasi Motor Listrik Di Jurusan Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 1 Denpasar. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.

Tri Handana, Nyoman. 2018. Pengembangan Trainer Programmble Logic Control (PLC) Portable pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Kelas II TITL SMK Negeri 3 Singaraja. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.

Wiratama, W. M. P. (2018). Pengembangan perangkat dalam pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw pada Program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Singaraja.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-03