Jurnal Karya akhir
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS TINKERCAD PADA MATA KULIAH APLIKASI MIKROKONTROLER
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v13i3.86111Abstrak
Penelitian ini berujuan untuk membuat suatu Pengembangan Modul Pembelajaran Digital Berbasis Tinkercad Pada Mata Kuliah Aplikasi Mikrokontroler di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian R&D (Reasearch and Development). Penelitian ini menggunakan Teknik analisa statistik persentase untuk mengelolah data ahli isi, ahli media dan uji coba kepada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket sebagai instrumen pengambilan data ahli isi, ahli media, dan mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh, hasil uji validasi ahli isi sebesar 93% dengan klasifikasi sangat layak, uji validasi ahli media sebesar 96% dengan klasifikasi sangat layak, uji coba kelompok kecil dari 5 mahasiswa responden mendapatkan hasil 100% dengan klasifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok besar 15 mahasiswa responden mendapatkan hasil 100% dengan klasifikasi sangat baik. Pengembangan Modul Pembelajaran Digital Berbasis Tinkercad Pada Mata Kuliah Aplikasi Mikrokontroler, layak digunakan dalam pembelajaran pada mata Kuliah Aplikasi Mikrokontroler di Program Studi Pendidikan Teknik Elekro Undiksha.
Referensi
Arnesti, Novita, and Abdul Hamid. 2015. “Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris.” Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan 2(1).
Abdul Haris Rustaman, Muhammad Iqbal, Winda Amelia. Pengembangan Modul Digital Praktikum Komputer Grafis 1 Dalam Format Elektonik Publication (EPUB) Untuk Meningkatkan Pemahaman Teknik Grafis. Diakses tanggal 22 Oktober 2022. (sumber : http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v3i1.647).
Arikunto. 2010. Metode Penelitian dan Analisis Data. Diakses tanggal 22 Oktober 2022. (sumber: http://eprints.walisongo.ac.id/3196/4/3105134_Bab3.pdf) .
Daryanto. 2011. Pengertian, Fungsi dan Ciri-ciri Modul Pembelajaran. Diakses pada tanggal 20 oktober 2022 (sumber: https://eprints.uny.ac.id/63764/4/BAB%20II.pdf).
Imro’atul Khasanah, Ira Nurmawati. Pengembangan Modul Digital sebagai Bahan Ajar Biologi untuk Siswa Kelas XI IPA. Diakses pada tanggal 21 Oktober 2022. (sumber : https://doi.org/10.35719/mass.v2i1.57).
Arsa, I. P. S., & Wiratama, W. M. P. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATA KULIAH RANGKAIAN LISTRIK DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 13(1), 1-9.
Kiar Vansa Febrianti, Fauzi Bakri, Hadi Nasbey. Pengembangan Modul Digital Fissika Berbasis Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Kinematike Gerak Lurus. Diakses tanggal 21 oktober 2022.(sumber : https://doi.org/10.17509/wapfi.v2i2.8273).
Menrisal, S.Pd., M.Pd, Yuliawati Yunus, S.Pd.,M.Pd.T, Nurul Sari Rahmadin. Perancangan dan Pembuatan Modul Pembelajaran Elektronik Berbasis Project Based Learning Mata Pelajaran Simulasi Digital SMKN 8 Padang. Diakses tanggal 21 Oktober 2022 (sumber : http://www.ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/196).
Sherlyane, Hendri. Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Science, Technology, Enginiring, Mathematic untuk Calon Guru Sekolah Dasar. Diakses pada tanggal 21 Oktober 2022. (sumber : https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1172).
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif
Dan R&D), Bandung: Alfabeta. Diakses tanggal 22 Oktober 2022 (sumber: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8443/6/BAB%20III.pdf) .
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif
Sukawijana, I. K. G., & Wiratama, W. M. P. (2024). PENGGUNAAN FASA FAILURE RELAY DALAM MENGATASI UNBALANCE VOLTAGE PADA INSTALASI MOTOR TIGA FASA: PENGGUNAAN FASA FAILURE RELAY DALAM MENGATASI UNBALANCE VOLTAGE PADA INSTALASI MOTOR TIGA FASA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 13(1), 109-115.
Dan R&D), Bandung: Alfabeta. diakses tanggal 22 Oktober 2021 (sumber: http://eprints.umg.ac.id/1068/4/5.%20BAB%20III%20-%20METODE%20PENELITIAN.pdf).
Kajeng, I. G. A. S., Ratnaya, I. G., & Wiratama, W. M. P. (2024). Penerapan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Berbantuan Alat Trainer Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik Siswa Kelas XI TKL-2 SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 13(2), 116-129.
Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Praktis. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 79-87.
Sari Putu Komala Udiyani. 2021. Pengembangan Module Pembelajaran Digital Berbasis Hyper Link (Lighting Foto) Pada Mata Kuliah Peralatan Tata Cahaya. Diakses pada tanggal 22 Oktober 2022.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.