Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif pada Mata Kuliah Kuliner Eropa Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner

Development Of Interactive Powerpoint Learning Media In European Culinary Subject Culinary Art Vocational Education Study Program

Authors

  • Luh Gede Surya Ningrum Universitas Pendidikan Ganesha
  • Damiati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Cok. Istri Raka Marsiti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jk.v4i1.74921

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses pengembangan media pembelajaran PowerPoint interaktif pada Mata Kuliah Kuliner Eropa khususnya Main Course di Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner, 2) kelayakan media pembelajaran PowerPoint interaktif pada Mata Kuliah Kuliner Eropa khususnya Main Course di Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner.  Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Data penelitian dikumpulkan dengan metode kuisioner. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket untuk mengumpulkan data mengenai pengembangan dan kelayakan media pembelajaran PowerPoint interaktif pada Mata Kuliah Kuliner Eropa khususnya Main Course di Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner.  Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) proses pengembangan media PowerPoint interaktif dilakukan dengan tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate; 2)media pembelajaran PowerPoint interaktif yang dikembangkan dinilai sangat layak oleh ahli materi, ahli desain, ahli media, dan mahasiswa. Penelitian ini menggambarkan kecocokan media tersebut dengan kebutuhan dan preferensi pengguna, serta sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menyoroti keefektifan media pembelajaran PowerPoint interaktif dalam konteks pembelajaran. Selain itu, dengan memanfaatkan media interaktif, penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan PowerPoint interaktif sebagai alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dan memfasilitasi proses pemahaman pada materi Main Course yang diajarkan. Sehingga, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media memengaruhi kualitas pembelajaran.

 

Downloads

Published

2024-03-31

Issue

Section

Articles