Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif pada Mata Kuliah Kuliner Eropa Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner

Development Of Interactive Powerpoint Learning Media In European Culinary Subject Culinary Art Vocational Education Study Program

Penulis

  • Luh Gede Surya Ningrum Universitas Pendidikan Ganesha
  • Damiati Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Cok. Istri Raka Marsiti Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jk.v4i1.74921

Kata Kunci:

Media pembelajaran; Kuliner Eropa; PowerPoint Interaktif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses pengembangan media pembelajaran PowerPoint interaktif pada Mata Kuliah Kuliner Eropa khususnya Main Course di Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner, 2) kelayakan media pembelajaran PowerPoint interaktif pada Mata Kuliah Kuliner Eropa khususnya Main Course di Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner.  Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Data penelitian dikumpulkan dengan metode kuisioner. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket untuk mengumpulkan data mengenai pengembangan dan kelayakan media pembelajaran PowerPoint interaktif pada Mata Kuliah Kuliner Eropa khususnya Main Course di Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner.  Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) proses pengembangan media PowerPoint interaktif dilakukan dengan tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate; 2)media pembelajaran PowerPoint interaktif yang dikembangkan dinilai sangat layak oleh ahli materi, ahli desain, ahli media, dan mahasiswa. Penelitian ini menggambarkan kecocokan media tersebut dengan kebutuhan dan preferensi pengguna, serta sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menyoroti keefektifan media pembelajaran PowerPoint interaktif dalam konteks pembelajaran. Selain itu, dengan memanfaatkan media interaktif, penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan PowerPoint interaktif sebagai alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dan memfasilitasi proses pemahaman pada materi Main Course yang diajarkan. Sehingga, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media memengaruhi kualitas pembelajaran.

 

Referensi

Adistana, G. A. Y. P., Mulyono, W. D., & Karim, N. N. (2020). Virtual Learning-Based Media to Improve Learning Quality. Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020). https://doi.org/10.2991/assehr.k.201201.052

Amalia, N. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan I. Jurnal PenSil, 9(2), 104–110. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i2.15350

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran . Raja Grafindo Persada.

Burhanudin, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika Di Smk Hamong Putera 2 Pakem. Pendidikan Teknik Mekatronika, 7(3), 1–267. http://journal.student.uny.ac.id/ojs

Dari, P. M. W., Suwardiah, D. K., Bahar, A., & Astuti, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point pada Materi Bumbu Dasar dan Turunanya Mata Pelajaran Boga Dasar. JTB : Jurnal Tata Boga, 11(2).

Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. EDUCARE, 17(2), 90–97. https://doi.org/10.36555/educare.v17i2.247

Fitra, A., Miranti, F., Rahmayani, & Putra, Z. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Microsoft Powerpoint Pada Materi Ciri-Ciri Dan Pertumbuhan Makhluk Hidup Untuk Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics Education, 1(2).

Kamil, P. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Dengan Menggunakan Media Power Point Dan Media Torso. Bioedusiana, 4(2), 64–68. https://doi.org/10.34289/277901

Mulyanto, S., & Mustadi, A. (2023). Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(1), 110–116. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.54552

Nurkhodri, M., & Dafit, F. (2022). Development of Powerpoint-Based Interactive Media on Theme 8 Subtheme 1 in Elementary School. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 329–339. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.51217

Nursit, I. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Power Point (Macro- Enabled) Pada Mata Kuliah Geometri Euclid Dalam Pembelajaran Matematika. J-MPM : Jurnal Media Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.33394/mpm.v4i1.127

Peprizal, & Syah, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 455–467.

Putra, R. P., & Hendri. (2020). Pengembangan Media Interaktif Microsoft Power Point Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik di SMKN 1 Guguak. JTEV : Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasi, 6(2). https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.109242

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema

Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524

Rusman, Riyana, C., & Kurniawan, D. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalias Guru. Rajawali Pers.

Sukmawati, I. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpointinteraktif Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV SDN 151 Pekanbaru [Thesis]. Universitas Islam Riau.

Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82–92. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92

Diterbitkan

2024-03-31

Terbitan

Bagian

Articles