Onigiri Substitusi Beras Ketan Putih Dengan Cita Rasa Khas Nusantara
Business Opportunity for White Glutinous Rice Substitute Onigiri with Nusantara Flavor
DOI:
https://doi.org/10.23887/jk.v4i2.83479Keywords:
Onigiri, Nusantara, SubstitusiAbstract
Onigiri Nusantara Oishi merupakan bisnis usaha kuliner makanan selingan dari substitusi nasi ketan putih dengan isian opor ayam dan pelengkap serundeng. ONO merupakan inovasi baru pangan lokal yang unik, karena merupakan produk asimilasi antara makanan khas Jepang berupa onigiri atau nasi kepal dengan cita rasa Nusantara yaitu opor ayam dan serundeng. Rasa yang autentik dapat mudah diterima oleh lidah orang Indonesia dan dapat dikonsumsi oleh semua kalangan seperti anak kecil, remaja, hingga orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan rintisan usaha onigiri. Produk “ONO” memiliki keunggulan, yaitu unik, simple dan mampu menjadi alternative menu praktis, yang dapat dikonsumsi sambil beraktifitas. Promosi bisnis ini dilakukan melalui media sosial seperti Instagram, Tiktok, dan Whatsapp juga melakukan promosi langsung atau offline, misalnya saat ada event spesial. Produk ini dipasarkan dengan harga satuan Rp 7.000,- satuan kemasan spesial Rp 8.500,- dan Rp 21.500,- kemasan box yang berisi 3 buah onigiri. Awal pada target penjualan, omzet yang direncanakan adalah sebesar Rp 1.612.500,. Penjualan dilakukan selama 1 bulan dengan mencapai bahkan melebihi target omzet, yaitu sebesar Rp 1.784.000,-. Berdasarkan analisis kelayakan usaha yang dilihat dari aspek pemasaran, aspek organisasi dan manajemen, aspek produksi dan aspek keuangan, bisnis ini layak untuk dijalankan dan dikembangkan.
References
B. Mulyadi. (2018). "Pengenalan Onigiri Dan Proses Pembuatannya," . Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no.1.
Jayanti, G. (2017). Analisis SWOT. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 3.
Kotler, P. (2016). Marketing Management (15th ed.). . New Jersey: Pearson Education.
Kurniawan, A. (2018). Relationship Between Business Competence And Business Survival Of Culinary Business In Bandung. . MIMBAR : Jurnal Sosial Dan Pembangunan.
Rahman, K. D. (2021). Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk Usaha Mikro. Jurnal Pengabdian Masyarakat 45 Citakarya. .
Rahwanda, F. (2021). Pengembangan Onigiri Dengan Substitusi Beras Singkong.
Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal PendidikanVocasional Seni Kuliner is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.