Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Materi Tata Hidang Praktik Table Set-Up Russian Service Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Pariwisata Triatma Jaya Singaraja

Development of Learning Video Media on Practical Table Set-Up Material Russian Service Vocational High School Private Tourism Triatma Jaya Singaraja

Authors

  • septa yahnan Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Damiati Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Cokorda Istri Raka Marsiti Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jk.v4i2.83291

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran pada produk berupa media video pembelajaran pada materi tata hidang praktik Table Set-Up Russian Service SMKS Pariwisata Triatma Jaya Singaraja, (2) mengetahui kelayakan validitas pengembangan media video pembelajaran pada materi tata hidang praktik Table Set-Up Russian Service SMKS Pariwisata Triatma Jaya Singaraja berdasarkan uji ahli materi, ahli media dan ahli desain pembelajaran, (3) mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap produk pengembangan media video pembelajaran pada materi tata hidang praktik Table Set-Up Russian Service SMKS Pariwisata Triatma Jaya Singaraja. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan 4D (Define, Disgn, Develop, Disseminate). Subjek penelitian terdiri dari 2 orang ahli instrument, 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media dan 2 orang ahli desain pembelajaran, dan 29 siswa kelas XI. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan angket. Proses pengembangan media pembelajaran pada produk berupa media video pembelajaran pada materi tata hidang praktik Table Set-Up Russian Service SMKS Pariwisata Triatma Jaya Singaraja sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi memperoleh presentase sebesar 95% yang dikategorikan “sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan kualifikasi tingkat kelayakan, ahli media memperoleh presentase 97,7% dikategorikan “sangat layak”, ahli desain pembelajaran memperoleh presentase 98% dikategorikan “sangat layak”, dan hasil validasi respon peserta didik memperoleh presentase sebanyak 91% yang diartikan peserta didik dapat memahami produk media video pembelajaran berdasarkan sistematika, kejelasan materi, kualitas video, aspek visual dan audio, tipografi, kelayakan isi, penyajian, tahap pembelajaran dan model pembelajaran.

References

Garsinia, D., Kusumawati, R., & Wahyuni, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Software Powtoon Pada Materi SPLDV. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 3(2), 44. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v3n2.p44-51

Handayani, N. L. P. A. E., Bayu, G. W., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). Media Video Pembelajaran pada Muatan IPA Topik Perubahan Energi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 420. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.39732

Harjanto, A., Rustandi, A., & Caroline, J. A. (2022). Implementasi Model Pengembangan 4D Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasi Online Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMK Negeri 7 Samarinda. SIMADA (Sistem Informasi Dan Manajemen Basis Data), 5(2), 1–12.

Kibari, M. A., & Ratumbuysang. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Pictory. AI pada Mata Kuliah Manajemen Koperasi dan UMKM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 867–880.

Krisnanda W, I. B. K., Suriani, N. M., & Marsiti, C. I. R. (2019). Pengembangan Jobsheet Dengan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Pengolahan Dan Penyajian Makanan Di Smk Negeri 2 Singaraja. Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 10(3), 147. https://doi.org/10.23887/jjpkk.v10i3.22145

Maivi, C. S., Ganefri, G., & Sukardi, S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Untuk Kelas X Tkj Di Smk N 2 Pekanbaru. Informatika, 9(1), 40–46. https://doi.org/10.36987/informatika.v9i1.2092

Marsiti, C. I. R., Santyasa, I. W., Sudatha, I. G. W., & Sudarma, I. K. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Elemen Pengolahan Makanan Dan Minuman Sub Elemen Hidangan Soup. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 20(1), 35–45.

Prisila, E., Riska, N., & Kandriasari, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Panduan Praktikum Sequence Of Service Pada Mata Kuliah Tata Hidang. Risenologi: Jurnal Sains, Teknologi, Sosial, Pendidikan, Dan Bahasa, 6(2), 9–16.

Qur’ani, D., Kuswandi, D., & Wedi, A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sinektik Berbantuan Video Pada Materi Batik Tulis Kelas Xi Man 1 Madiun. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 51–57. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p051

Tasmalina, T., & Prabowo, P. (2018). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Spermatophyta di SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology). https://doi.org/10.30743/best.v1i1.621

Downloads

Published

2024-08-28

Issue

Section

Articles