Pengaruh Jumlah Anggota dan Jumlah Simpanan Anggota terhadap Sisa Hasil Usaha pada Koperasi Simpan Pinjam Se-Kabupaten Buleleng Periode 2013-2014

Authors

  • I Gede Yuda Prasetya Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Fridayana Yudiaatmaja Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Suwendra Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Jumlah Anggota, Jumlah Simpanan Anggota, Sisa Hasil Usaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang pengaruh (1) Jumlah Anggota dan Jumlah Simpanan Anggota terhadap Sisa Hasil Usaha, (2) Jumlah Anggota terhadap  Jumlah Simpanan, (3) Jumlah Anggota terhadap Sisa Hasil Usaha, (4) Jumlah Simpanan Anggota terhadap Sisa Hasil Usaha. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal. Subjek penelitian adalah Koperasi Simpan Pinjam, dan objek penelitian adalah Jumlah Anggota, Jumlah Simpanan Anggota, dan Sisa Hasil Usaha. Data dikumpulkan dengan pencatatan dokumen, kemudian dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan dari Jumlah Anggota  dan Jumlah Simpanan Anggota secara bersama-sama terhadap Sisa Hasil Usaha, (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan dari Jumlah Anggota terhadap Jumlah Simpanan Anggota, (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan dari Jumlah Anggota  terhadap Sisa Hasil Usaha, (4) Ada pengaruh positif dan signifikan dari Jumlah Simpanan Anggota terhadap Sisa Hasil Usaha.

 

 

References

Andjar. 2005. Manajemen Koperasi. Teori dan Praktek.Yogyakarta : Graha Ilmu.

Baswir. 2000. Koperasi Indonesia Edisi Pertama. Yogyakarta.

Burhan. 1989. Metode Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodelogis Kearah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta : PT. Grafindo Persada.

Hendar dan Kusnadi.2002. Ekonomi Koperasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

I made rusmawan. 2014. Pengaruh pertumbuhan kredit bermasalah dan simpanan anggota koperasi terhadap shu pada koperasi simpan pinjam

Ni Made Taman Hayuk. 2012. Pengaruh Jumlah Anggota Jumlah Simpanan Jumlah Pinjaman dan Jumlah Modal Kerja Terhadap SHU koperasi Simpan Pinjam Kabupaten Badung Provinsi bali. Jurnal: universitas Udayana Bali (diunduh 4 November 2015)

Sitio, Arifin ; Tamba, Halomoan. 2001. Koperasi Teori dan Praktik. Jakarta : Erlangga.

Sunyoto, Dadang. 2011. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: CAPS.

Suryaningrum Novi Lubuk. 2007. Pengaruh Modal Sendiri Terhadap Perolehan Sisa Hasil Usaha(SHU). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Widiyanti, Ninik dan Y.W Sunindhia. 2003. Koperasi dan PerekonomianIndonesia. Jakarta : Rineka Cipta.

Widjaja. 1997. Bank dan Lembaga- Lembaga Keuangan. Edisi I. Yogyakarta :

Wijiyanti, Fitri. 2010. Pengaruh Modal, Jumlah Anggota, dan Promosi Terhadap Sisa Hasil Usaha Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia Marga Wiyata kecamatan Punung Tahun 2004-2008. Skripsi.

Downloads

Published

2020-04-28

How to Cite

Prasetya, I. G. Y., Yudiaatmaja, F., & Suwendra, I. W. (2020). Pengaruh Jumlah Anggota dan Jumlah Simpanan Anggota terhadap Sisa Hasil Usaha pada Koperasi Simpan Pinjam Se-Kabupaten Buleleng Periode 2013-2014. Jurnal Manajemen Indonesia, 8(1), 8–16. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38409

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>