Pengaruh Budaya Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Komitmen Kerja Karyawan pada PT Astra International Tbk-Honda Sales Office di Singaraja

Authors

  • Desak Kadek Rismayani Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I wayan Bagia Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Suwendra Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Budaya Kerja, Motivasi Kerja, Komitmen Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang pengaruh (1) budaya kerja dan motivasi kerja terhadap komitmen kerja karyawan, (2) budaya kerja terhadap komitmen kerja karyawan, (3) motivasi kerja terhadap komitmen kerja, (4) budaya kerja terhadap motivasi kerja karyawan pada PT Astra Motor Singaraja. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Astra Motor Singaraja dan objeknya adalah budaya kerja, motivasi kerja , dan komitmen kerja. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 karyawan yang semuanya dijadikan unit pengamatan, sehingga penelitian ini termasuk penelitian populasi. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner, wawancara, dan pencatatan dokumen serta dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dari (1) budaya kerja dan motivasi kerja terhadap komitmen kerja karyawan, (2) budaya kerja terhadap komitmen kerja karyawan, (3) motivasi kerja terhadap komitmen kerja, (4) budaya kerja terhadap motivasi kerja karyawan pada PT Astra Motor Singaraja.

 

 

References

Ardana Komang, Dan Kawan-kawan. 2009. Perilaku Keorganisasian. Edisi 2 Penerbit Graha Ilmu, Jakarta.

Chaterima Melina. 2012. Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Dalam Rangka meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Sido Muncul Kaligawe Semarang). Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE). Hal. 170-187. ISSN: 1412-3126 Tahun 2012.

Moeljono, 2003. Budaya Korporat Dan keunggulan Korporasi, PT Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia, Jakarta.

Putri, Fannidia. 2014. “ Hubungan Motivasi Kerja Dengan Komitmen Kerja Karyawan di Balai Pendidikan dan Pelatihan Sosial”. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 2. No. 1 Hal. 220-331 Tahun 2014.

Gomes, DR. Faustino Cardoso, 2003. Manajemen Sumber daya Manusia, CV Andi Offiset, Yogyakarta.

Griffin, Ricky. W, 2004. Management, Erlangga, Jakarta.

Hascaryo, Agung Siswo, 2004. “Analisis Pengaruh Motivasi Karyawan dan Budaya Organisasi terhadap Komitmen Organisasional dan Dampaknya pada Kinerja Karyawan (Studi Kasus: di PT. Apac Inti Corpora, Tbk)., Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro Semarang.

Hasibuan. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Anugrahini Irawati. 2010. “Pengaruh Sistem Kompensasi, Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Komitmen Kerja Karyawan Pada PT. Sinar Surya Mutiara Surabaya”. Jurnal Bisnis Indonesia Vol. 1 No. 2 Tahun 2010.

Kenly Rimpuleng. 2014. “Motivasi Kerja, Komitmen Karyawan, dan Budaya Organisasi, Pengaruhnya terhadap Kinerja Karyawan PT. Gudang Garam MANAD”. Jurnal EMBA, Vol. 2. No. 3. Hal. 137-148. Tahun 2014.

Koesmono, H. Teman, 2005, “Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Motivasi dan Kepuasan Kerja serta Kinerja Karyawan pada Sub Sektor Industri Pengolahan Kayu Skala Menengah di Jawa Timur”, Jurnal Ekonomi Manajemen, 7(2): 171-188.

Kreitner, 2005. Perilaku Organisasi, Salemba, Jakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan. Cetakan Ketiga, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Meyer, John P. dan Allen, Natalie J; 1997. “Commitment in the Workplace: Theory, research, and application; Thousand Oaks, California : SAGE Publication, Inc.

Ndraha, Taliziduhu, 1997, Pengantar Teori Pengembangan Sumber daya Manusia, Rineka Cipta, Jakarta.

Ndraha, Taliziduhu, 2005. Teori Budaya Organisasi, Rineka Cipta, Jakarta.

Resi Yudhaningsih. 2011. “Peningkatan Efektifitas Kerja melalui Komitmen, Perubahan dan Budaya Organisasi”. Jurnal Pengembangan Humaniora. Vol. 11 No.1, April 2011.

Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge, 2008, Perilaku Organisasi, Edisi 12 Jilid 1 dan 2, Jakarta: Salemba Empat.

Robbins, Stephen P. 1996. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi (alih bahasa: Hadyana Pujaatmaka). PT. Ikrar Mandiriabadi, Indonesia.

Soedjono, 2005, “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan pada Terminal Penumpang Umum di Surabaya”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 7(1): 22-47.

Sulistyani, Ambar Teguh. 2008. “Kepemimpinan Profesional Pendekatan Leadership Games”. Gava Media, Yogyakarta.

Umar, Husein. 2001. Metode Penelitian Untuk Sripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Yuwono, S, 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia (Konsep, Teori dan pengembangan Dalam Konteks Organisasi Publik), Cetakan Pertama, Yogyakarta: Anggota IKAPI.

Downloads

Published

2020-10-28

How to Cite

Rismayani, D. K., Bagia, I. wayan, & Suwendra, I. W. (2020). Pengaruh Budaya Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Komitmen Kerja Karyawan pada PT Astra International Tbk-Honda Sales Office di Singaraja. Jurnal Manajemen Indonesia, 8(3), 153–161. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38447

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>