Penerapan CHSE di Blackmud Lounge Bar selama Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Ni Made Dwi Arini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Trianasari Trianasari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.36552

Keywords:

CHSE, Kualitas Pelayanan , Pandemi Covid-19, Protokol Kesehatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Cleanliness, Health, Safety and Environment (CHSE) dalam pelayanan di Blackmud Lounge Bar selama masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode wawancara dan observasi dalam pengumpulan data. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga karyawan di Blackmud Lounge Bar di Bali Paragon Resort Hotel, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan CHSE dalam pelayanan di restoran tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CHSE dalam pelayanan di Blackmud Lounge Bar telah dilaksanakan sesuai prosedur serta aturan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Penerapan tersebut menyangkut lima indikator kualitas jasa yaitu Responsiveness, Tangible, Empathy, Realiability, Assurance dalam memberikan layanan makanan dan minuman kepada wisatawan di  Blackmud Lounge Bar selama masa pandemi.

References

Centers for Disease Control and Prevention. (2020). Food and coronavirus disease 2019 (COVID-19). https://www.cdc.gov/ coronavirus/2019-ncov/ daily- life- coping/food-and-COVID-19.html

Council, W. T. & T. (2020). Annual travel and tourism economic impact. London: World Travel & Tourism Council (WTTC).

Diayudha, L. (2020). Industri perhotelan di indonesia pada masa pandemi covid-19: Analisis deskriptif. Journal FAME, 3(1), 1–5. http://journal.ubm.ac.id/index.php/journal-fame/index

Dwinanda, R. (2021). Pandemi hotel dengan standar CHSE lebih diminati. https://www.republika.co.id/berita/qvhwla414/pandemi-hotel-dengan-standar-chse-lebih-diminati

Kementerian Kesehatan Republik Idonesia. (2020). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 Tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). https://covid19.go.id/p/protokol/panduan-pencegahan-dan-pengendalian-corona-virus-disease-2019-covid-19-di-tempat-kerja-perkantoran-dan-industri-dakan-mendukung-keberlangsungan-usaha-pada-situasi-pandemi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2021). Pedoman dan sertifikasi CHSE. https://chse.kemenparekraf.go.id/pedoman

Nurbaya, Chandra, W., & Ansar. (2020). Perubahan sistem pelayanan makanan pada usaha kuliner selama masa pandemi covid-19 dan era kebiasaan baru di Kota Makassar. Volume 6, Nomor Khusus, Okto, 6, 61 – 68. http://jurnal.poltekkesmamuju.ac.id/index.php/m

Nurdiyansyah, H. (2021). CHSE identitas baru pelaku usaha wisata demi bertahan di tengah pandemi. https://kbr.id/ragam/06/2021/chse__identitas_baru_pelaku_usaha_wisata_demi_bertahan_di_tengah_pandemi/105659.html

Syaharudin. (2020). Pembelajaran masa pandemi: Dari konvensional ke daring. http://eprints.ulm.ac.id/id/eprint/9150

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa : Prinsip, penerapan, dan penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

U.S. Food & Drug Administration. (2020). Best practices for retail food stores, restaurants, and food pick-up/delivery services during the COVID-19. U.S. Food & Drug Administration. https://www.fda.gov/food/food-safety- during- emergencies/ best-practices-retail- food- stores-%09restaurants-and-food-pick- updelivery- services- during-covid-19#employeehealth

WHO. (2020). Covid-19 and Food Safety: Guidance for food businesses: Interim guidance. https://doi.org/https://doi.org/ 10.4060/ ca8660en

Published

2023-03-24

Issue

Section

Articles