Penerapan CHSE di Blackmud Lounge Bar selama Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.36552Kata Kunci:
CHSE, Kualitas Pelayanan , Pandemi Covid-19, Protokol KesehatanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Cleanliness, Health, Safety and Environment (CHSE) dalam pelayanan di Blackmud Lounge Bar selama masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode wawancara dan observasi dalam pengumpulan data. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga karyawan di Blackmud Lounge Bar di Bali Paragon Resort Hotel, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan CHSE dalam pelayanan di restoran tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CHSE dalam pelayanan di Blackmud Lounge Bar telah dilaksanakan sesuai prosedur serta aturan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Penerapan tersebut menyangkut lima indikator kualitas jasa yaitu Responsiveness, Tangible, Empathy, Realiability, Assurance dalam memberikan layanan makanan dan minuman kepada wisatawan di Blackmud Lounge Bar selama masa pandemi.
Referensi
Centers for Disease Control and Prevention. (2020). Food and coronavirus disease 2019 (COVID-19). https://www.cdc.gov/ coronavirus/2019-ncov/ daily- life- coping/food-and-COVID-19.html
Council, W. T. & T. (2020). Annual travel and tourism economic impact. London: World Travel & Tourism Council (WTTC).
Diayudha, L. (2020). Industri perhotelan di indonesia pada masa pandemi covid-19: Analisis deskriptif. Journal FAME, 3(1), 1–5. http://journal.ubm.ac.id/index.php/journal-fame/index
Dwinanda, R. (2021). Pandemi hotel dengan standar CHSE lebih diminati. https://www.republika.co.id/berita/qvhwla414/pandemi-hotel-dengan-standar-chse-lebih-diminati
Kementerian Kesehatan Republik Idonesia. (2020). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 Tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). https://covid19.go.id/p/protokol/panduan-pencegahan-dan-pengendalian-corona-virus-disease-2019-covid-19-di-tempat-kerja-perkantoran-dan-industri-dakan-mendukung-keberlangsungan-usaha-pada-situasi-pandemi
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2021). Pedoman dan sertifikasi CHSE. https://chse.kemenparekraf.go.id/pedoman
Nurbaya, Chandra, W., & Ansar. (2020). Perubahan sistem pelayanan makanan pada usaha kuliner selama masa pandemi covid-19 dan era kebiasaan baru di Kota Makassar. Volume 6, Nomor Khusus, Okto, 6, 61 – 68. http://jurnal.poltekkesmamuju.ac.id/index.php/m
Nurdiyansyah, H. (2021). CHSE identitas baru pelaku usaha wisata demi bertahan di tengah pandemi. https://kbr.id/ragam/06/2021/chse__identitas_baru_pelaku_usaha_wisata_demi_bertahan_di_tengah_pandemi/105659.html
Syaharudin. (2020). Pembelajaran masa pandemi: Dari konvensional ke daring. http://eprints.ulm.ac.id/id/eprint/9150
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa : Prinsip, penerapan, dan penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
U.S. Food & Drug Administration. (2020). Best practices for retail food stores, restaurants, and food pick-up/delivery services during the COVID-19. U.S. Food & Drug Administration. https://www.fda.gov/food/food-safety- during- emergencies/ best-practices-retail- food- stores-%09restaurants-and-food-pick- updelivery- services- during-covid-19#employeehealth
WHO. (2020). Covid-19 and Food Safety: Guidance for food businesses: Interim guidance. https://doi.org/https://doi.org/ 10.4060/ ca8660en