Pengaruh Kualitas Penyelenggaraan Acara Musik terhadap Kepuasan Penonton Konser NCT 127

Authors

  • Ulfi Maranisya Universitas Nasional Jakarta
  • Kameda Delen Universitas Nasional Jakarta
  • Rinny Leonard Universitas Nasional
  • Marina Erviani Putri Universitas Nasional Jakarta
  • Tiara Dita Puspita Universitas Nasional Jakarta
  • Titi Kusmayanti Universitas Nasional Jakarta
  • Vickrhamshah Shajehan Achmad Universitas Nasional Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.57972

Keywords:

Mice, Event Musik, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Perkembangan industri MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition) di Indonesia memiliki potensi besar dan merupakan salah satu produk unggulan industri pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi seberapa puas anggota NCT 127 NEO CITY: JAKARTA - THE LINK. pengiring berada pada implementasi kualitas yang dijalankan oleh Dyandra Global Edutainment. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan observasi dan wawancara dengan penonton konser. Sebanyak 10 penonton mengaku sangat puas dengan kualitas penyelenggaraan yang diberikan oleh Dyandra Global Edutainment, mulai dari kualitas venue, perlengkapan, keamanan, kenyamanan dan penampilan para musisi. Mereka menyimpulkan bahwa Dyandra Global Edutainment adalah penyelenggara acara musik terbaik di Indonesia.

Author Biographies

Ulfi Maranisya, Universitas Nasional Jakarta

 

 

 

 

Kameda Delen, Universitas Nasional Jakarta

 

 

Marina Erviani Putri , Universitas Nasional Jakarta

 

 

Tiara Dita Puspita, Universitas Nasional Jakarta

 

 

Titi Kusmayanti, Universitas Nasional Jakarta

 

 

Vickrhamshah Shajehan Achmad , Universitas Nasional Jakarta

 

 

References

Herwandi, Tanan A., Darsono, Christanthio M., Sienatra, Budi K. (2021) Faktor kesuksesan event organizer musik dari sisi kepuasan pelanggan. Ekuivalensi Vol.7 No.1 April 2021

Indrajaya, T. (2015). Potensi industri MICE (Meeting, incentive, conference and exibition) Di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Jurnal Ilmiah WIDYA.

Hwabong Lee & Jin-Soo Lee (2017) An exploratory study of factors that exhibition organizers look for when selecting convention and exhibition centers, Journal of Travel & Tourism Marketing, 34:8, 1001-1017, DOI: 10.1080/10548408.2016.1276508

Maranisya, U. ., & Putri, S. A. . (2022). Pengaruh harga dan sistem penjualan tiket terhadap kepuasan penonton di event konser Be The Sun In Jakarta 2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3225–3232. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8709

Nadzir, Muhammad M. "Analisis Usaha Event Organizer MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) melalui Kanvas Model Bisnisdan Peta Empati: Studi Kasus Event Organizer di YOGYAKARTA dan Surakarta." Jurnal Manajemen Bisnis, vol. 7, no. 2, 2016, pp. 170-193.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian kombinasi. Bandung: PT Grafindo Alfabeta

Zamora, R. (2017). analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam pembayaran rekening listrik B’right PT. PLN Batam pada unit pelayanan Batam Centre. Jurnal Bening. Vol 4, No 1 (2017). https://doi.org/10.33373/bening.v4i1.699

Published

2023-03-24

Issue

Section

Articles