Pengaruh Kualitas Penyelenggaraan Acara Musik terhadap Kepuasan Penonton Konser NCT 127
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.57972Keywords:
Mice, Event Musik, Kepuasan PelangganAbstract
Perkembangan industri MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition) di Indonesia memiliki potensi besar dan merupakan salah satu produk unggulan industri pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi seberapa puas anggota NCT 127 NEO CITY: JAKARTA - THE LINK. pengiring berada pada implementasi kualitas yang dijalankan oleh Dyandra Global Edutainment. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan observasi dan wawancara dengan penonton konser. Sebanyak 10 penonton mengaku sangat puas dengan kualitas penyelenggaraan yang diberikan oleh Dyandra Global Edutainment, mulai dari kualitas venue, perlengkapan, keamanan, kenyamanan dan penampilan para musisi. Mereka menyimpulkan bahwa Dyandra Global Edutainment adalah penyelenggara acara musik terbaik di Indonesia.
References
Herwandi, Tanan A., Darsono, Christanthio M., Sienatra, Budi K. (2021) Faktor kesuksesan event organizer musik dari sisi kepuasan pelanggan. Ekuivalensi Vol.7 No.1 April 2021
Indrajaya, T. (2015). Potensi industri MICE (Meeting, incentive, conference and exibition) Di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Jurnal Ilmiah WIDYA.
Hwabong Lee & Jin-Soo Lee (2017) An exploratory study of factors that exhibition organizers look for when selecting convention and exhibition centers, Journal of Travel & Tourism Marketing, 34:8, 1001-1017, DOI: 10.1080/10548408.2016.1276508
Maranisya, U. ., & Putri, S. A. . (2022). Pengaruh harga dan sistem penjualan tiket terhadap kepuasan penonton di event konser Be The Sun In Jakarta 2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3225–3232. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8709
Nadzir, Muhammad M. "Analisis Usaha Event Organizer MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) melalui Kanvas Model Bisnisdan Peta Empati: Studi Kasus Event Organizer di YOGYAKARTA dan Surakarta." Jurnal Manajemen Bisnis, vol. 7, no. 2, 2016, pp. 170-193.
Sugiyono. 2011. Metode penelitian kombinasi. Bandung: PT Grafindo Alfabeta
Zamora, R. (2017). analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam pembayaran rekening listrik B’right PT. PLN Batam pada unit pelayanan Batam Centre. Jurnal Bening. Vol 4, No 1 (2017). https://doi.org/10.33373/bening.v4i1.699